PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PARENTING POSITIF BERBASIS MODERASI BERAGAMA BAGI ANAK USIA DINI

Dessy Putri Wahyuningtyas, Aprilia Mega Rosdiana, Devi Pramitha

Abstract


Pedoman moderasi beragama yang ada saat ini belum menyinggung ranah pendidikan anak usia dini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain dan pengembangan produk berupa buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama yang ditujukan bagi orang tua dan guru di Kelurahan Tunjungsekar. Buku panduan ini digunakan dalam mengobservasi nilai-nilai moderasi beragama yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari sehinga diharapkan dapat mengembangkan sikap moderasi beragama pada anak melalui pengasuhan yang positif. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Bork & Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner atau angket yang dinilai oleh beberapa validator yaitu ahli materi, ahli media, serta respon dari orang tua dan guru sebagai pengguna. Berdasarkan penilaian dari uji ahli media dan ahli materi, diperoleh nilai sebesar 85,3% dengan kategori sangat layak; sedangkan penilaian dari calon pengguna atau responden yang dalam hal ini adalah orang tua dan guru mendapatkan nilai sebesar 84,8%. Jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan, itu artinya produk sangat layak tidak perlu direvisi. Data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku panduan parenting positif berbasis moderasi beragama bagi anak usia dini layak digunakan dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Keywords


Parenting Positif; Moderasi Beragama; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


A’yun, N. Q. (2014). Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM)

pada Kompetensi Dasar Memelihara Lingkungan Alam dan Buatan di Sekitar Rumah Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIIA SDN Dadaprejo 1 Batu.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In

Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, 13, 45–55.

Cillessen, A. H. N., Mayeux, L., Ha, T., de Bruyn, E. H., & LaFontana, K. M. (2014). Aggressive

Effects Of Prioritizing Popularity In Early Adolescence. Aggressive Behavior, 40(3), 204–213.

https://doi.org/10.1002/ab.21518

Diana, N., & Pratiwi, T. I. (n.d.). The Development Of Assertive Guidebook In Preventing Dating

Behavior At Risk For Junior High School Adolescent.

Friyatmi, F., Mardapi, D., & Haryanto, H. (2020). Assessing Students’ Higher Order Thinking

Skills Using Multidimensional Item Response Theory. Problems of Education in the 21st

Century, 78(2), 196–214. https://doi.org/10.33225/pec/20.78.196

Gusti, O. I., & Puger, N. (n.d.). Model Pembelajaran Deduktif-Induktif Menganut Paradigma

Inovatif-Progresif.

Izzaty, R. E. (2017). Perilaku Anak Prasekolah. Elex Media Komputindo.

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1

Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153–164.

Khoiriyah, A., & Nuryono, W. (2017). Pengembangan Buku Panduan Keterampilan Belajar

Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Mita, Damayanti, I., Renaldi, Sakri, F., Sari, M., Kasma, S., Subehana, Rahman, F., Suharni,

Khatimah, U., Ali, A. N., Ainun, Sakkir, Satriana, Fitri, D., Yusdiawan, Ardiansyah, R.,

& Fadli, U. (2020). Menyemai Damai dengan Moderasi Beragama (Z. Said (ed.)).

Mujizatullah. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Peserta Didik Madrasah Aliyah

Muhammadiyah Isimu Kabupaten Gorontalo (Vol. 6).

Mustaji. (2016). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran.

Najikah, F., & Ismaniati, C. (n.d.). Pengembangan Buku Panduan Sebagai Sumber Belajar Untuk

Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia.

Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Triyanto, A. (2017). Exploring the construct of school readiness

based on child development for kindergarten children. Research and Evaluation in

Education, 3(1), 42. https://doi.org/10.21831/reid.v3i1.13663

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. In Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).

Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Zahro, E. A., Yuda, M. U., & Widiastuti, S. (2021). Pengembangan Buku Panduan Membaca

Cerita Sebagai Bahan Ajar Tambahan Memahami Cerita Untuk Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 171–178. https://doi.org/10.52436/1.jpti.36




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v4i1.18005

Refbacks



Copyright (c) 2022 Preschool: Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool