MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PENDIDIK PAUD NONFORMAL DI KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN

Samu Samu

Abstract


Adanya masalah kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding, kabupaten Tuban diasumsikan dipengaruhi oleh motivasi kerja pendidik. Mengingat banyak penelitian yang menunjukkan bahwa motivasi kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi kinerja mengajar pendidik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja terhadap kinerja pendidik PAUD nonformal yang mengajar di KB Kecamatan Semanding, Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 dari 114 pendidik KB di Kecamatan Semanding. Kuesioner tertutup digunakan untuk mengumpulkan data. Data dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan pendidik dengan latar belakang pendidikan S-1 PAUD  memiliki tingkat kinerja mengajar yang bagus. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja mengajar pendidik KB di Kecamatan Semanding. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) yang didapat sebesar 0,144 (> 0,05).

Keywords


Motivasi; Kinerja Mengajar; Pendidik; Nonformal.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahim. (2021). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Motivasi Kerja Guru IPS d SMP. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 3(2), 290–302.

Amala, N., Juariah, S., Shofiyyah, N. A., Hasis, P. K., Wijayanti, E. D., Haerudin, U. M., Ulfah, A. I. F., Daryana, S. A. A., Sutandi, T., Iftitah, S. L., & others. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Islam. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=fsyZEAAAQBAJ

Haingu, R. M. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Paud Di Kecamatan Kota Tambolaka Dan Loura Kabupaten Sumba Barat Daya. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 129–134. https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.57

Hanifah, U., & Puteri, I. A. W. (2021). ANALISA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN GURU TERHADAP METODE MENGAJAR DI KELAS. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(02), 38–45. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol3.no02.a4545

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-dimensinya. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=btjuDwAAQBAJ

Lumban Gaol, N. T., & Siburian, P. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p66-73

Mahyuddin, N., & Yanti, S. (2018). Kinerja Mengajar Guru Pendidikan Anak USia Dini dan Latar Belakang Pendidikan. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eceji/article/view/32401/13866

Permana, A. I., & Eliza, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 6(3), 5226–5236. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2824

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Rahmawati, A. (2022). PROGRAM PARENTING PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. LovRinz Publishing. https://books.google.co.id/books?id=_S5eEAAAQBAJ

Rahmi, F., & Zulminiati, Z. (2019). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak Kanak di Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 37. https://doi.org/10.24036/bmp.v8i2.105043

Rakhman, W., Rahmah, M., Saputro, A., Alfisah, S., Syarif, A., & Ma’wa, S. J. (2021). Sejumput Ide Dari Bumi Tuntung Pandang: Kumpulan Tulisan Kreatif Para Guru Penggerak Angkatan 1 Kabupaten Tanah Laut. Media Sains Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=fzg1EAAAQBAJ

Sa’diyah, S. A., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan. 16.

Sarwono, J. (2013). 12 Jurus Ampuh SPSS untuk Riset Skripsi. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=Z4ZKDwAAQBAJ

Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogig & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Esensi Erlangga Group.

Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Saftari, M., Panggabean, N. H., Simarmata, J., Kholifah, N., Fahmi, A. I., Subakti, H., Harianja, J. K., & Purba, S. (2022). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?id=UmJYEAAAQBAJ

Sunarsi, D. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cipta Media Nusantara. https://books.google.co.id/books?id=3jGjEAAAQBAJ

Widiasworo, E. (2018). Cerdas Pengelolaan Kelas. DIVA PRESS. https://books.google.co.id/books?id=hZmyDwAAQBAJ

Yumna, M. S., Wahyuningsih, S., & Rahmawati, A. (2021). Hubungan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru PAUD pada Masa Pandemi di Kecamatan Laweyan. Kumara Cendekia, 9(4), 234. https://doi.org/10.20961/kc.v9i4.54914




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v4i2.20558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool