KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN PALANG DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN

Ririn Indarwati

Abstract


Mayoritas guru Kelompok Bermain (KB) di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tidak memenuhi kualifikasi akademik pendidik PAUD yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar nasional Pendidikan Anak Usia dini. Hal ini diasumsikan dapat mempengaruhi profil kompetensi professional guru. Mengingat profesi guru harus memiliki keahlian khusus, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi professional guru KB di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban berdasarkan latar belakang pendidikannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu 88 guru KB di Kecamatan Palang, kabupaten Tuban. Data dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan pendidik dengan latar belakang pendidikan S-1 PAUD atau yang relevan memiliki rata-rata nilai uji kompetensi professional guru yang tinggi. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai uji kompetensi professional guru dengan latar belakang S-1 relevan dan guru dengan latar belakang tidak relevan. Hal ini dibuktikan dari nilai Sig. (2-tailed) yang didapat sebesar 0,009 (< 0,05).

Keywords


Pendidik PAUD; Kompetensi Profesional; Latar Belakang Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar dan Pelatihan. 3.

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8

Arifin, B. (2019). Dinamika Guru/Pendidik PAUD di Surabaya. MOTORIC, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.686

Diah, M., & Nazidah, P. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373

Hermayawati. (2019). Guru Berkualitas Menuju Indonesia Cerdas. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1). https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/921

Karimah, N., Setiasih, O., & Rudiyanto, R. (2019). Profil Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak ditinjau dari KualifikasiI Akademik. Edukid, 15(2), 127–143. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20517

Kartika, H. (2014). Tinjauan Literatur: Persepsi tentang Jenis Data, Skala Data dan Hubungannya dengan Teknik Pemberian Skor Tes. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 97. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2014.6.2.2908

KBBI, K. B. B. I. (2023). Kualifikasi. https://kbbi.web.id/kualifikasi

Kemendikbudristek, K. P., Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022).

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia, Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf

Kemendikbudristek, K. P., Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/permendikbud%20no%20137%20tahun%202014.pdf

Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. 13. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.951

Nurqamar, I. F., Ulfa, S., Hafizhah, I., Fadhillah, N., & Rahmi, N. (2022). The Intention of Generation Z To Apply For a Job. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 18(3), 218–247. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i3.16493

Praticia, R., Kamala, I., & Juliawati. (2020). Studi tentang Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Pembelajaran PAUD di Gugus Mangga di Palangka Raya. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(2), 48–63. https://doi.org/10.36873/jph.v15i2.1170

Sa’diyah, S. A., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan.

Samu, S. (2023). Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pendidik PAUD Nonformal di Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Preschool, 4(2), 64–73. https://doi.org/10.18860/preschool.v4i2.20558

Saputri, P. M. (2019). Kompetensi Profesional Guru PAUD dalam Proses Pembelajaran Anak USia Dini pada TK Al-Khairiyah kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/9197/1/PUSAT%201%202.pdf

Sari, M. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Kelurahan Kemuning. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/88926/11/naspub.pdf

Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogig & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Esensi Erlangga Group.

Sontani, T., & Kartika, P. (2018). Peran PKG dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 20. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.61

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. 2(1).

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. 1(2), 47–51.

Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563

Widodo, S. (2012). Kemampuan Menguasai Bahan Ajar dalam Upaya Pelaksanaan Kompetensi Profesional di Kalangan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2548




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i2.27240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool