KOMPETENSI PROFESIONAL GURU KELOMPOK BERMAIN DI KECAMATAN PALANG DITINJAU DARI LATAR BELAKANG PENDIDIKAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriana, J. (2018). Kinerja Guru PAUD ditinjau dari Kualifikasi Pendidik, Pengalaman Mengajar dan Pelatihan. 3.
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 55–61. https://doi.org/10.37985/joecher.v1i2.8
Arifin, B. (2019). Dinamika Guru/Pendidik PAUD di Surabaya. MOTORIC, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31090/paudmotoric.v2i1.686
Diah, M., & Nazidah, P. (2021). Problematika Linieritas dan Pemenuhan Kualifikasi Akademik Guru dalam Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2043–2051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1373
Hermayawati. (2019). Guru Berkualitas Menuju Indonesia Cerdas. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1). https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/921
Karimah, N., Setiasih, O., & Rudiyanto, R. (2019). Profil Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak ditinjau dari KualifikasiI Akademik. Edukid, 15(2), 127–143. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20517
Kartika, H. (2014). Tinjauan Literatur: Persepsi tentang Jenis Data, Skala Data dan Hubungannya dengan Teknik Pemberian Skor Tes. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 97. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2014.6.2.2908
KBBI, K. B. B. I. (2023). Kualifikasi. https://kbbi.web.id/kualifikasi
Kemendikbudristek, K. P., Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022).
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia, Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Pembelajarn-dan-Asesmen.pdf
Kemendikbudristek, K. P., Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/permendikbud%20no%20137%20tahun%202014.pdf
Latiana, L. (2019). Peran Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. 13. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i1.951
Nurqamar, I. F., Ulfa, S., Hafizhah, I., Fadhillah, N., & Rahmi, N. (2022). The Intention of Generation Z To Apply For a Job. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika), 18(3), 218–247. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i3.16493
Praticia, R., Kamala, I., & Juliawati. (2020). Studi tentang Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Pembelajaran PAUD di Gugus Mangga di Palangka Raya. Pintar Harati: Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(2), 48–63. https://doi.org/10.36873/jph.v15i2.1170
Sa’diyah, S. A., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru PAUD ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan.
Samu, S. (2023). Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pendidik PAUD Nonformal di Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Preschool, 4(2), 64–73. https://doi.org/10.18860/preschool.v4i2.20558
Saputri, P. M. (2019). Kompetensi Profesional Guru PAUD dalam Proses Pembelajaran Anak USia Dini pada TK Al-Khairiyah kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan [UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/9197/1/PUSAT%201%202.pdf
Sari, M. D. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Kelurahan Kemuning. Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/88926/11/naspub.pdf
Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogig & Profesional Guru PAUD dan SD/MI. Esensi Erlangga Group.
Sontani, T., & Kartika, P. (2018). Peran PKG dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD di Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 20. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.61
Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. 2(1).
Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. 1(2), 47–51.
Tsabitah, N., & Fitria, N. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran di Raudhatul Athfal Tangerang. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 10. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.563
Widodo, S. (2012). Kemampuan Menguasai Bahan Ajar dalam Upaya Pelaksanaan Kompetensi Profesional di Kalangan Guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/2548
DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i2.27240
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
INDEXED & SUPPORTED BY:
EDITORIAL OFFICE
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool