Gambaran Kepuasan Followers Akun Instagram @goodenoughparents.id pada Kualitas Informasi Positive Discipline Parenting

Mayzeda Firdausi Nuzula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran kepuasan pengikut akun Instagram @goodenoughparents.id terhadap kualitas informasi positive discipline parenting. Dengan mengambil sampel sebanyak 100 pengikut akun tersebut, penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis univariat yang meringkas kumpulan data hasil pengukuran, sehingga kumpulan data berubah menjadi informasi yang berguna, dan pengolahan data hanya pada satu variabel serta bertujuan untuk mendeskripsikan setiap variabel penelitian. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menilai dimensi kualitas informasi dan kepuasan pengguna. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa pengikut akun ini cenderung memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap informasi parenting yang disajikan. Dimensi tangible, reliability, responsive, assurance, dan empathy memberikan kontribusi positif terhadap kepuasan, sementara teori kualitas informasi Delone dan McLean (2003) menunjukkan akurat, relevan, lengkap, dan tepat waktu sebagai faktor utama kepuasan. Penelitian ini mengambarkan secara keseluruhan bahwa akun ini berhasil memberikan informasi parenting yang memuaskan bagi pengikutnya dalam rentang usia 20-40 tahun. Keberhasilan terlihat dari kepuasan tinggi pada dimensi tangible (98%), akurat (97%), relevan (96%), dan lengkap (97%). Meskipun dimensi tepat waktu mencapai kepuasan 84%, responsif dan empati masih tinggi, tetapi perlu peningkatan. Secara keseluruhan. Hasil ini memberikan gambaran positif bahwa akun Instagram tersebut berhasil menyediakan informasi parenting yang memuaskan pengikutnya.

Keywords


Kepuasan, Kualitas Informasi, Positive Discipline Parenting

Full Text:

PDF

References


Alamiyah, S. S. (2020). ‘I Become More Confident’: Mother Use of Online Platform for Parenting Information. 423(Imc 2019), 511–523. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.039

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Aron, A., Coups, E. J., & Aron, E. N. (2019). Statistics for Psychology. Pearson.

Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Subtance Use. In Sage Journals (Vol. 11, Issue 1, pp. 56–95). https://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/0272431691111004

Biesok, Grzegorz, W. jolanta. (2017). Customer satisfaction — Meaning and methods of measuring CUSTOMER. Marketing and Logistic Problems in the Management of Organization (23-41)., 1(6), 23–41.

Carroll, P., & Brown, P. (2020). The Effectiveness of Positive Discipline Parenting Workshops on Parental Attitude and Behavior. The Journal of Individual Psychology, 76(3), 286–303. https://doi.org/10.1353/jip.2020.0030

Cochran, W. G. (1977). Sampling Techniques. Wiley.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Durrant, J. E., Ateah, C. A., & Stewart-tufescu, A. (2020). POSITIVE DISCIPLINE IN EVERYDAY PARENTING Positive Discipline in Everyday Parenting ( PDEP ) was developed collaboration with Save the Children Sweden and the PDEP Program Developmen ... July.

Erfantinni, I. H., Mulyoto, G. P., & Fitriah, N. (2019). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini. Preschool, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8175

Guttman, L. (1944). A basis for scaling qualitative data. American Sociological Review, 9(2), 139-150.

Hidayatullah, S., & Respati, H. (2021). Implementation of the DeLone and McLean Information System Success Models for Information Systems Based on Social Media. 9(2), 4361. www.ijcrt.org

Ifroh, R. H., & Permana, L. (2022). Do Parents Use The Internet And Social Media To Child Health-Seeking Information? Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(2), 171–180. https://doi.org/10.25311/keskom.vol8.iss2.1209

Kartika, N., & Yuningsih, S. (2021). Pengaruh Kualitas Informasi dalam Media Instagram @nusatalent Terhadap Citra Nusa Talent. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Kemp, S. (2022). DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH. We Are Social. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/

Khomaeny, E. F. F., & Kusumaputeri, E. S. (2022). Parental anxiety and form of parenting during the COVID-19 pandemic. International Journal of Child Care and Education Policy, 16(1). https://doi.org/10.1186/s40723-022-00103-2

Kim, K. S., Joanna Sin, S. C., & Yoo-Lee, E. Y. (2014). Undergraduates’ use of social media as information sources. College and Research Libraries, 75(4), 442–457. https://doi.org/10.5860/crl.75.4.442

Kim, Y., Sohn, D., & Choi, S. M. (2011). Cultural difference in motivations for using social network sites: A comparative study of American and Korean college students. Computers in Human Behavior, 27(1), 365–372. https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.08.015

Kotler, P., & Keller, L. K. (2012). Manajemen Pemasaran (14th ed.). Pearson.

Kothari, C. R. (2004). Research Methodology: Methods and Techniques. New Age International.

Lathifah, A., Tiani, R., & Mazida, F. (2021). Public Perception of Information about Covid 19 on social media Instagram: An Netnography Study of Visual Information. E3S Web of Conferences, 317, 05015. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131705015

Lawrence, P. J., Murayama, K., & Creswell, C. (2019). Systematic Review and Meta-Analysis: Anxiety and Depressive Disorders in Offspring of Parents With Anxiety Disorders. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 58(1), 46–60. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2018.07.898

Luttrell, R. (2018). Social media: How to engage, share, and connect (E. Swayze (ed.); third).

Rowman & Littlefield.

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool, 1(1), 11–28. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Santoso, S. T. P., & Sutama, I. W. (2019). Profil Kemampuan Asertif Pada Usia Pra Sekolah. Preschool, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8173

Noerazrie Imania Putri, & Yuli Candrasari. (2022). Pesan Edukasi Positive Discipline Parenting Pada Akun Instagram @Goodenoughparents.Id. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Komunikasi, 2(2), 67–75. https://doi.org/10.55606/juitik.v2i2.209

Patalo, R. G., Rachmawati, I. K., Alvianna, Stella, D., & Hidayatullah, S. (2021). Analisis Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pengguna Sosial Media Instagram Pada Akun @bbtnbromotenggersemeru. Seminar Nasional Kepariwisataan, 2(1), 65–77.

Patma, T. S., Fienaningsih, N., Rahayu, K. S., & Artatanaya, I. G. L. S. (2021). Impact of Information Quality on Customer Perceived Value, Experience Quality, and Customer Satisfaction From Using Gofood Aplication. Journal of Indonesian Economy and Business, 36(1), 51–61. https://doi.org/10.22146/jieb.59810

Rowden, A. (2022). What causes parental anxiety and what effects does it have? Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/parental-anxiety

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau, 53(9), 1–13.

Santoso, S. T. P., & Sutama, I. W. (2019). Profil Kemampuan Asertif Pada Usia Pra Sekolah. Preschool, 1(1), 29–42. https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8173

Setyastuti, Y., Suminar, J. R., Hadisiwi, P., & Zubair, F. (2019). Millennial moms: Social media as the preferred source of information about parenting in Indonesia. Library Philosophy and Practice, 2019.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasara (edise III). Andi Offset Yogyakarta.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations (illustrate). Simon and Schuster.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v5i1.27242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool