SOSIALISASI KOMUNITAS BELAJAR PADA PENILIK PAUD UNTUK PEMBENTUKAN KOMUNITAS BELAJAR (KOMBEL) INTRA SEKOLAH DI KABUPATEN TUBAN

Samu Samu Samu

Abstract


Pembentukan Komunitas Belajar (Kombel) adalah salah satu bentuk pengimplementasian dari kurikulum merdeka. Program pembentukan Komunitas Belajar (Kombel) di Sekolah sendiri bertujuan untuk menjadi wadah para pendidik dalam upaya perbaikan serta inovasi-inovasi pembelajaran atau pengembangan program yang berorientasi pada perkembangan peserta didik. Tujuan kegiatan sosialisasi Komunitas Belajar (Kombel) pada penilik PAUD di Kabupaten Tuban adalah meningkatkan pengetahuan serta menyamakan persepsi antar penilik di Kabupaten Tuban terhadap pelaksanaan program Komunitas Belajar (Kombel) di satuan PAUD sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka. Kegiatan yang dilakukan menggunakan pendekatan edukatif dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Materi yang diberikan meliputi urgensi pembentukan Komunitas Belajar (Kolmbel) di satuan PAUD, jenis-jenis komunitas belajar (Kombel), tahapan pembentukan serta siklus dari komunitas belajar (Kombel) serta peranan penilik dalam program komunitas belajar (Kombel). Pelaksana kegiatan adalah seluruh penilik dari dinas Pendidikan Kabupaten Tuban di satuan PAUD (10 penilik). Hasil kegiatan ini diharapkan memberikan kesamaan persepsi pada penilik terhadap implementasi program Komunitas Belajar (Kombel) di satuan PAUD Kabupaten Tuban.


Keywords


Penilik; Komunitas Belajar; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF PDF

References


DITPSD, D. S. D. (2022). Luncurkan Kurikulum Merdeka, Mendikbudristek: Ini Lebih Fleksibel! Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/luncurkan-kurikulum-merdeka-mendikbudristek-ini-lebih-fleksibel DITPSD, D. S. D. (2024). Kurikulum Merdeka. Direktorat Sekolah Dasar. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka# Giyanto, B., Kurnia, P., Julizar, K., Sari, D. K., & Hartono, D. (2023). Implementasi Kebijakan Komunitas Belajar Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. Jurnal Pembangunan dan Administrasi Publik (JPAP), 5(2). https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jpap/article/view/690 Kemendikbud, K. P. dan K. (2019). Data Uji Kompetensi Guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://npd.kemdikbud.go.id/?appid=ukg Kemendikbudristek, K. P. dan K. (2023). Surat Edaran Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. https://ujikompetensi.kemdikbud.go.id/download/surat-edaran-direktur-jenderal-guru-dan-tenaga-kependidikan-kementerian-pendidikan-kebudayaan-riset-dan-teknologi-nomor-0378-b-hk-04-01-2023-tentang-pengangkatan-jabatan-fungsional-guru/ Kemendikbudristek, K. P., Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2024). Optimalisasi Komunitas Belajar Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. SCRIBD. https://www.scribd.com/document/678065380/2-Optimalisasi-Komunitas-Belajar-dalam-Meningkatkan-Kualitas-Pembelajaran-GTK Merdeka Mengajar. (2024). Pendaftaran Komunitas Belajar. Merdeka Mengajar. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/8153864473113-Pendaftaran-Komunitas-Belajar Retnawati, H. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Perpustakaan Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/mipk5301-evaluasi-program-pendidikan/ Sekar, R. Y., & Kamarubiani, N. (2023). Komunitas Belajar sebagai Sarana Belajar dan Pengembangan Diri. Indonesian Journal of Adult and Community Education, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.17509/ijace.v2i1.28285 Shihab, N., & Komunitas Guru Belajar. (2021). Merdeka Belajar di Ruang Kelas. Lentera Hati. https://books.google.co.id/books?id=mumCEAAAQBAJ Situmorang, J., Deni Nurdiansyah, M. P., Yoga Adi Pratama, S. P. M. P., & Dede Setiawan, M. M. P. (2024). Success Melalui Komunitas Belajar: Berkolaborasi Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Satuan Pendidikan. Indonesia Emas Group. https://books.google.co.id/books?id=ChYDEQAAQBAJ Susilo, H., Mardiani, D. P., & Widyaswari, M. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Komunitas Belajar. Bayfa Cendekia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=__DuEAAAQBAJ World Bank. (2018). World Development Report 2018: Learning to Realize Education’s Promise (WDR 2018). DC: World Bank.




DOI: https://doi.org/10.18860/pres.v6i1.31187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool