Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Pada Anak Usia Dini

Imro'atul Hayyu Erfantinni, Galih Puji Mulyoto, Nurlaeli Fitriah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji cobakan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan sikap percaya diri pada anak usia dini. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pretest dan posttest dengan teknik pengambilan sample secara purposive. Sample yang digunakan sejumlah 7 anak yang terindikasi memiliki tingkat percaya diri dalam kategori rendah. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang dalam pengisiannya dibantu oleh guru kelas atau orang tua, selain itu didukung pula dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling partisipan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji statistik uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Z= -2,366 dengan p = 0,018 (<0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan tingkat sikap percaya diri sebelum intervensi (pretest) dan setelah intervensi (posttest). Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan sikap percaya diri siswa PAUD/TK maupun mengembangkan penelitian selanjutnya.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Modeling; Percaya Diri; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2004). Psikologi Kepribadian. Malang: Universiatas Muhammadiyah Malang.

Dewi. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory ans Application. IJGC 2 (4) (2013). http//journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Diana. (2012). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Sikap Kreatif Siswa Kelas VII di MTs Negeri Gresik.

Gluga, R., Kay, J., Lister, R., et. al. (2013). Mastering Cognitive Development Theory in Computer Science Education, Computer Science Education, 23:1, 24 57, DOI: 10.1080/08993408.2013.768830

Hutomono, S. (2011). Observasional Learning: Metode Psikologis Yang Dilupakan Dalam Psikologis Olahraga. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11, (2), 25-35

Jackson, S.A. & Kleitman, S. Metacognition Learning (2014) 9: 25. https://doi.org/10.1007/s11409-013-9110-y

Novitasari, Z., Hidayah, N., & Mapiare, A. (2017). Keefektifan Strategi Modeling Partisipan Dalam Bantuan Teman Sebaya (Peer Helping) Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 3 Bulan Maret Tahun 2017 Halaman: 363-370

Oney, E. & Gizem, O.G. (2015). Confidence: A Critical Review Of The Literature And An Alternative Perspective For General And Specific Self-Confidence. Psychological Reports: Mental & Physical Health 2015, 116, 1, 149-163

Rezaei, A. (2014). Can Self Efficacy And Self Confidence Expalain Iranian Female Student’s Academic Achievement? Gender & Education. Vol 24 no 4 Juli 2012. Routledge

Sugiyono. (2001). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.

Slavin, E.R. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool