Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sensory Carpet Untuk Pemahaman Panca Indera Anak Usia 1-2 Tahun

Dessy Putri Wahyuningtyas, Rifqoh Roziah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan alat permainan edukatif (APE) bagi anak usia 1-2 tahun berupa media sensory carpet; 2) menerapkan media sensory carpet yang menunjang pemahaman panca indera anak. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Langkah yang dilakukan peneliti meliputi pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba validasi ahli, revisi hasil uji coba validasi ahli, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, uji coba lapangan dan penyempurnaan produk akhir. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,08 dan penilaian ahli media memperoleh rata-rata skor 4,62. Setelah melakukan uji coba lapangan, peneliti memperoleh presentase skor sebesar 91,66%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa media sensory carpet untuk pemahaman panca indera anak usia 1-2 tahun ini dinyatakan layak digunakan.

Keywords


Media Sensory Carpet; Panca Indera; Usia 1-2 Tahun

Full Text:

PDF

References


Ali, M. & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Elfiadi. (2016). Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini. Itqan, Vol. VII, No. 1.

Hapsari, I.I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Indeks.

Hendayani, E.S. (2012). Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Pembelajaran PAUD Seatap Margaluyu Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Empowerment, Volume 1, No. 2.

Karo, K., Rasyid, I., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, Volume VII, No. 1.

Latif, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Mintasih, D. (2018). Merancang Pembelajaran Menyenangkan Bagi Generasi Digital. El-Tarbawi, Volume IX, No. 1.

Morrison, G.S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: PT Indeks.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Allfabeta.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., & Haryono, A. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Grafindo Persada.

Santrock, J.W. (2012). Perkembangan Masa Hidup. Terjemahan oleh Benedictine Wisdyasinta. Jakarta: Erlangga.

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Trianto. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembang Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana.

Zaman, B. & Eliyawati, C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: UPI.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v1i2.9151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool : Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool