IDENTIFIKASI BAKAT ANAK USIA DINI DENGAN MULTIPLE INTELLIGENCES

Adi Dewanto

Abstract


Revolusi Industri 4.0 merupakan peluang dan sekaligus sebagai tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan daya saing yang tinggi. Hal tersebut hanya bisa dicapai melalui pendidikan. Pendidikan akan berhasil dengan baik apabila diikuti oleh siswa yang memiliki bakat dan minat yang sesuai dengan pendidikan yang ditempuhnya. Artikel ini merupakan penelitian pustaka yang terkait dengan pengembangan pembelajaran dengan pendekatan Multiple Intelligences. Identifikasi bakat dengan Multiple Intelligences terhadap anak usia dini sangat penting untuk dilakukan agar guru dan utamanya orang tua dapat merencanakan dan mengarahkan pendidikan untuk anaknya sehingga pendidikan yang ditempuh, mulai dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi, dapat dilakukan sesuai dengan bakat dan minatnya.

Keywords


Multiple Intelligences; Identifikasi Bakat, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Buckingham, M., & Cliffton, D. O. (2005). Now Discover Your Strength, How To Develop Your Talents and Those of The People You Manage. The Gallup Organization.

Buhungiro, E. (2014, May 14). Education vs talent: Which is better? The New Times. https://www.newtimes.co.rw/section/read/75285

Calik, B., & Birgili, B. (2013). Multiple Intelligence Theory for Gifted Education: Criticisms and Implications. Education of the Young Scientist and Giftedness, 1(2), 1–12.

Delahunt, J. Z. (2002). Maturation. In Child Development. Macmillan Reference USA.

Dyer, J. R. (2002). Cognitive Development. In Child Development. Macmillan Reference USA.

Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories of Personality. McGraw-Hill.

Gardner, H. (1993). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Gardner, H. (1999). Intelligence Reframed: Multiple Intelligences for the 21st Century. Basic Books.

Gardner, H. (2011). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.

Haryono, S. (2018, May 5). Re-Orientasi Pengembangan SDM Era Digital Pada Revolusi Industri 4.0. The National Conference on Management and Business (NCMAB), Surakarta.

Iskandar. (2000). Test Bakat, Minat, Sikap dan Personaliti. Penerbit Dharma Graha.

McGuire, S. (2002). Temperament. In Child Development. Macmillan Reference USA.

Nijs, S., Gallardo-Gallardo, E., Dries, N., & Sels, L. (2014). A multidisciplinary review into the definition, operationalization, and measurement of talent. World Business, 49(2), 180–191. https://doi.org/10.1016/j.jwb.2013.11.002

Quddus, G. G. (2018, October 11). Bank Dunia: Indeks SDM Indonesia peringkat ke-87. Kontan.Co.Id. https://nasional.kontan.co.id/news/bank-dunia-indeks-sdm-indonesia-peringkat-ke-87

Reubins, B. M. (2014). Pioneers of Child Psychoanalysis. Karnac Books Ltd.

Slee, P. T., & Shute, R. H. (2003). Child Development: Thinking About Theories. Arnold.




DOI: https://doi.org/10.18860/preschool.v2i1.9998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Preschool (Jurnal Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED & SUPPORTED BY:

                 

EDITORIAL OFFICE

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144, Jawa Timur, Indonesia
Telp/Fax: +62341-552398    
Email: journal.preschool@uin-malang.ac.id / Website:http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/preschool