Etika Pemasaran Perspektifal-Qur’an dan Relevansinya dalam Perbankan Syari’ah
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan etika pemasaran yang terdapat dalam al-Qur’an dan relevansinya pada praktik perbankan syariah saat ini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research) yakni penelitian yang menelaah data-data yang bersumber dari bahan-bahan kepustakaan, dengan menggunakan metode tafsir tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga etika pemasaran yang terdapat dalam al-Qur’an yaitu: pemasaran beretika, pemasaran profesional, pemasaran transparan. Disebut pemasaran beretika jika memenuhi dua komponen yaitu lemah lembut/ramah dan sopan santun, kemudian disebut pemasaran profesional jika memenuhi dua komponen yaitu adil dalam promosi dan adil terhadap orang lain. sedangkan yang dimaksud dengan pemasaran transparan jika memenuhi tiga komponen yaitu tidak menggunakan cara bathil, realistis, dan bertanggung jawab. Selian itu, keberadaan pemasaran al-Qur’an sangat dibutuhkan dalam dunia perbankan syari’ah saat ini.
Keywords
etika; pemasaran; perbankan Syariah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18860/j-fsh.v7i2.3518
Copyright (c) 2016 Moh. Toriquddin
Published By:
Shariah Faculty Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim MalangGajayana Street 50 Malang, East Java, Indonesia
De Jure: Jurnal Hukum dan Syar'iah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International