SINTREN’S SACRED CADENCE: Journeying into the Mystical Dimensions of Spiritual Rhythms
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
References
Alfaqi, M. Z., Shofa, A. M. A., & Habibi, M. M. 2019. Peran Pemuda dalam Pelestarian Wayang Suket sebagai Aktualisasi Nilai Moral Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2): 368-374. DOI: https://doi.org/10.17977/um019v4i2p368-374.
Ardiyanto, M., & Hidayati, F. 2015. Makna Spiritualitas Begawan Ciptaning dalam Lakon Arjuna Wiwaha pada Pelaku Seni Pedalangan. Jurnal Empati, 4(4): 347-352.
Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. 2015. Dekonstruksi Makna Simbolik Kesenian Sintren sebagai Pendidikan Seks Usia Bermuatan Budaya (Sebuah Kontribusi Kesenian Tradisional Jawa-Sunda terhadap Permasalahan Sosial). Prosiding University Research Colloquium, 107-119. Surakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMS.
Asmara, R., & Kusumaningrum, W. R. 2019. An Early Childhood Sex Education Model: Deconstructing Symbolic Meanings of Sintren Dance based on Gender Perspectives. SALASIKA: Indonesian Journal of Gender, Women, Child, and Social Inclusion’s Studies, 2(1): 39-60. DOI: https://doi.org/10.36625/sj.v2i1.36
BI (Informant), interviewed on July 7, 2019. Cirebon
Casande, S. 2010. Kajian Ikonografi Ragam Hias Parang Gerigi pada Batik Betawi. Deiksis, 2(02): 112-133.
Darmoko, P. D. 2014. Kesenian Sintren dalam Tarikan Tradisi dan Modernitas. Madaniyah, 4(1): 115-125.
Dasih, I. G. A. R. P. (2018). Komunikasi Simbolik dalam Tari Pendet Lanang pada Usabha Sambah di Desa Pakraman Pesedahan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem. Widya Duta: Jurnal Ilmiah Ilmu Agama Dan Ilmu Sosial Budaya, 13(1): 1-10. DOI: https://doi.org/10.25078/wd.v13i1.429.
EH (Informant), interviewed on July 21, 2019. Cirebon
Eliade, M. 1959. The Sacred and the Profane. New York: Harcourt, Brace & World, Inc.
Fitrianah, D., & Sucahyo, Y. G. 2012. Audit Sistem Informasi/Teknologi Informasi dengan Kerangka Kerja Cobit untuk Evaluasi Manajemen Teknologi Informasi di Universitas XYZ. Jurnal Sistem Informasi, 4(1): 37. DOI: https://doi.org/10.21609/jsi.v4i1.243.
Hadiprayitno, K. K. 2009. Perlunya Belajar Wayang dalam Kehidupan Budaya Jawa. Keanekaragaman Budaya, 523.
Ilyas, A. Z., & Abidin, Z. 2017. Makna spiritualitas pada penari sintren di pekalongan. Jurnal Empati, 5(4): 807-811. DOI: https://doi.org/10.14710/empati.2016.15437.
Irmawati, I. 2020. Makna dan Simbol Kesenian Sintren sebagai Media Dakwah Islam. Khulasah : Islamic Studies Journal, 2(1): 38-56. DOI: https://doi.org/10.55656/kisj.v2i1.27.
Jedoui, M. El. 2019. Light is the door to spiritual knowledge of Allah. Retrieved August 12, 2023, from Karkariya website: https://karkariya.co/light-is-the-door-to-spiritual-knowledge-of-allah/
Kushendrawati, S. M. 2016. Wayang dan Nilai-nilai Etis: Sebuah Gambaran Sikap Hidup Orang Jawa. Paradigma, Jurnal Kajian Budaya, 2(1): 105-114. DOI: https://doi.org/10.17510/paradigma.v2i1.21.
Laksmi, V. K. P. 2010. Simbolisme motif batik pada budaya tradisional Jawa dalam perspektif politik dan religi. Ornamen, 7(1): 73-84.
Lisman, R., Darmaiza, D., & Wahyuni, D. 2023. Safeguarding Communities: Exploring the Tradition of Tolak Bala in Nagari Bungus. Journal of Contemporary Rituals and Traditions, 1(1): 25-42. DOI: https://doi.org/10.15575/jcrt.212
Loita, A. 2018. Simbol-simbol dalam Gunungan Wayang Kulit Jawa. Magelaran: Jurnal Pendidikan Seni, 1(2): 60-65.
LW, (Informant), interviewed on July 12, 2019. Cirebon
Masroer. 2017. Spiritualitas Islam dalam budaya wayang kulit masyarakat Jawa dan Sunda. Jurnal Sosiologi Agama, 9(1): 38-61.DOI: https://doi.org/10.14421/jsa.2015.091-03.
Mawardi, K. 2013. Seni sebagai ekspresi profetik. IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya, 11(2): 131-147. DOI: https://doi.org/10.24090/ibda.v11i2.74.
Meliono, I. 2004. Srinthil Perempuan dan Ritual. Depok: Kajian Perempuan Desantara. 87-102.
Murtana, I. N. 2011. Afiliasi Ritus Agama dan Seni Ritual Hindu Membangun Kesatuan Kosmis. Mudra, 26(1): 61-69. DOI: https://doi.org/10.31091/mudra.v26i1.1590.
Musa, M. F. 2011. Javanese Sufism and Prophetic Literature. Cultura, 8(2): 189-208. DOI: https://doi.org/10.2478/v10193-011-0027-7.
Nur Agustina, H. 2021. Women as The Victim of Stereotypes in Sintren. E3S Web of Conferences, 317: 01041. DOI: https://doi.org/10.1051/e3sconf/202131701041.
Nurcahyo, J. 2018. Makna Simbolik Tokoh Wayang Semar Dalam Kepemimpinan Jawa. Media Wisata, 16(2): 1069-1076. DOI: https://doi.org/10.31227/osf.io/whb4u.
Nurlelasari, D., Herlina, N. H., & Sofianto, K. 2017. Seni pertunjukan Sintren di Kabupaten Indramayu dalam perspektif historis. Panggung, 27(1): 15-25. DOI: https://doi.org/10.26742/panggung.v27i1.229.
Pamuji, K. 2022. Fenomena Seni Pertunjukan Sintren Pesisiran dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pedekatan Antropologis. Abdi Seni, 13(1): 54-64. DOI: https://doi.org/10.33153/abdiseni.v13i1.4220.
Pop, C. L. 2014. Symbol and Ritual in Olympic Arena. Marathon, 6(2): 190-194.
Purbasari, T. 2012. Kajian Aspek Teknis, Estetis, dan Simbolis Warna Wayang Kulit Karya Perajin Wayang Desa Tunahan Kabupaten Jepara. Arty: Jurnal Seni Rupa, 1(1): 1-8. DOI: https://doi.org/10.15294/arty.v1i1.312.
Purwanto, S. 2018. Pendidikan nilai dalam pagelaran wayang kulit. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1): 1-30. DOI: https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.1-30.
Putra, P. P. A., Redig, I. W., & Aryana, A. A. G. 2018. Variasi Ikonografi Arca-Arca Perwujudan Perunggu Koleksi Museum Bali Dan BPCB Bali-Nusa Tenggara. Humanis, 22: 41. DOI: https://doi.org/10.24843/jh.2018.v22.i01.p07.
Rusianingsih, T., & Timur, Y. F. S. 2020. Fungsi, Bentuk, dan Makna Gerak Tari Jaranan Turonggo Yakso Kecamatan Dhongko Kabupaten Trenggalek. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 4(2): 130-139. DOI: https://doi.org/10.22219/satwika.v4i2.13631.
Rusydi, I. 2014. Pendidikan Berbasis Budaya Cirebon. Intizar, 20(2): 327-348.
Sari, S. M., & Pramono, R. S. 2008. Kajian ikonografis ornamen pada interior klenteng Sanggar Agung Surabaya. Dimensi Interior, 6(2): 73-84. DOI: https://doi.org/10.9744/interior.8.1.44-51.
Schimmel, A. 2011. Mystical Dimensions of Islam. Chapel Hill: The University of North Carolina Press.
Setiawan, E. 2020. Nilai Filosofi Wayang Kulit sebagai Media Dakwah. Al-Hikmah, 18(1): 33-50. DOI: https://doi.org/10.35719/alhikmah.v18i1.21.
Soedarsono. 1999. Seni Pertunjukan Indonesia di Era Globalisasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Soleh, S., Sulaiman, S., & Casta, C. 2020. Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Kesenian Sintren Cirebon. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1): 47-57.
Sumardjo, J. 2000. Filsafat Seni. Bandung: Penerbit ITB.
Wahidin, D. 2013. Kompilasi Kesenian Tradisional Cirebon. Cirebon: Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon.
Wuryaningrum, A., Sumaryanto, T., & Hartono, H. 2017. Ritual Interaction in the Soneyan Mask Puppet. The Journal of Educational Development, 5(2): 252-262.
Zafar, A., & Jabeen, A. 2022. Common Linguistic Patterns in Punjabi and Persian Sufi Literature. Pakistan Journal of Social Sciences, 42(2): 299-306.
DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v24i2.23131
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tools:
Indexed By:
All publication by Ulul Albab: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, P-ISSN : 1858-4349, E-ISSN : 2442-5249