INTEGRATIVE CURRICULUM OF RELIGION AND SCIENCE AT SPECIAL PESANTREN FOR UNIVERSITY STUDENTS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. Amin. 2001. Studi Agama, Normativitas atau Historisitas?. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Abdullah, M. Amin. 2005. “Desain Pengembangan Akademik IAIN Menuju UIN Sunan Kalijaga: Dari Pola Pendekatan Dikhotomis-Atomistik ke Arah Integrasi Interdisciplinary.” In Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, ed. Zaenal Abidin Bagir. Bandung: Mizan, 234-66.
Ali, Nur, Miftahussyaian, Angga Prasetyo, and Imamul Muttaqin. 2018. Implementasi Kurikulum Integratif pada Ma’had Mahasiswa UIN Maulana malik Ibrahim Malang. Malang: LP2M UIN Maliki
Ali, Suryadharma. 2013. Paradigma Pesantren: Memperluas Horizon Kajian dan Aksi. Malang: UIN-MALIKI Press.
Azami, Ahmad Fadli. 2013. “Pengembangan Aspek Nilai dalam Pendidikan Pesantren di PP Nurul Ummah.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 2(1): 75-86. DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23413.
Azra, Azyumardi. 2005. “Reintegrasi Ilmu-Ilmu dalam Islam.” In Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, ed. Zaenal Abidin Bagir. Bandung: Mizan, 203-13.
Bagir, Zainal Abidin. 2005. “Bagaimana Mengintegrasikan Ilmu dan Agama.” In Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, ed. Zaenal Abidin Bagir. Bandung: Mizan, 17-37.
Bellamy, Richard. 1990. Teori Sosial Modern: Perspektif Itali. Trans. Vedi R. Hadiz. Jakarta: LP3ES.
Connolly, Peter, ed. 2002. Aneka Pendekatan Studi Agama. Trans. Imam Khoiri. Yogyakarta: LKiS.
Dimyati, M. 1988. Landasan Kependidikan: Suatu Pengantar Pemikiran Keilmuan tentang Kegiatan Pendidikan. Jakarta: Dirjendikti, P2LPTK.
Fattah, Abdul, and Benny Afwadzi. 2016. “Pemahaman Hadits Tarbawi Burhan Al Islam Al Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17(2): 197-217. DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ua.v17i2.3831
al-Ghazâlî. 1995. Iḥyâ’ ‘Ulûm al-Dîn. Beirut: Dâr al-Fikr.
Hasan, M. 2015. “Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren.” Karsa: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman 23(2): 295-305. DOI: http://dx.doi.org/10.19105/karsa.v23i2.728
Hidayat, Rakhmat. 2011. “Perspektif Sosiologi tentang Kurikulum.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 17(2): 178-88. DOI: http://dx.doi.org/10.24832%2Fjpnk.v17i2.16
Hidayat, Tatang, Ahmad Syamsu Rizal, and Fahrudin. 2018. “Pola Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Mahasiswa Miftahul Khoir Bandung dalam Membentuk Kepribadian Islam.” Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam 7(1): 9-19.
Irham. 2016. “Pesantren Manhaj Salafi: Pendidikan Islam Model Baru di Indonesia.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17(1): 1-18. DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ua.v17i1.3252
Johnson, Mauritz. 1977. Intensionality in Education. New York: Center for Curriculum Research and Services.
Malik, Abdul, Ajat Sudrajat, and Farida Hanum. 2016. “Kultur Pendidikan Pesantren dan Radikalisme.” Fondasi dan Aplikasi: Jurnal Pembangunan Pendidikan 4 (2): 103-114. DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v4i2.11279
“Mengkaji Ulang Pondok Pesantren Mahasiswa.” n.d. https://www.pesantrenvirtual.com/mengkaji-ulang-pondok pesantren-mahasiswa/ (February 20, 2019).
Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Perry, Matt. 2010. Â Designing Multidisciplinary Integrated Curriculum Units. California: The California Centre for College and career.
“Pesantren Mahasiswa Menimba Ilmu Agama Sambil Kuliah.” 2016. https://republika.co.id/berita/koran/newsupdate/oar1s614/pesantren-mahasiswa-menimba-ilmu-agama-sambil-kuliah (February 20, 2019).
“Pesantren Mahasiswa.” 2015. https://lsipk.unisba.ac.id/?p=260 (February 20, 2019).
“PESMA ALMANAR.” 2018. https://pesmaalmanar.blogspot.com/2018/ 11/pesma-almanar.html (February 20, 2019).
Rosidin. 2016. “Internasionalisasi Pendidikan Tinggi Islam Melalui Realisasi The Global Goals Berbasis Maqashid Syariah.” Ulul Albab: Jurnal Studi Islam 17(1): 88-109. DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ua.v17i1.3254
Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana Frenada Media Group.
Setiawan, Iwan. 2007. “Dari Pendekatan Integratif-Interkonektif: Menuju Pendidikan Islam yang Bervisi Masa Depan” In Islamic Studies dalam Paradigma Integrasi Interkoneksi: Sebuah Antologi, ed. Fahruddin Faiz. Yogyakarta: SUKA Press, 43-79.
Sukmadinata, NS. 2010. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprayogo, Imam. 2005. “Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Malang.” In Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, ed. Zaenal Abidin Bagir. Bandung: Mizan, 213-33.
Suprayoyo, Imam. 2012. Paradigma Pengembangan keilmuan di Perguruan Tinggi: Konsep Pendidikan Tinggi yang dikembangkan UIN Malang. Malang: UIN-Press.
Tilaar, HAR. 2003. Kekuasaan dan Pendidikan: Suatu Tinjauan dari Perspektif Studi Kultural. Magelang: Indonesia Tera.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Wahid, Marzuki, Suwendi, and Saefuddin Zuhri. 1998. Pesantren Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Cirebon: Pustaka Hidayah.
Wahid, Salahuddin. 2011. “Langkah-langkah Awal Memadukan Ilmu Agama dengan Sains dan Teknologi.”In Membangun Pendidikan dalam Bingkai Islam Lintas Batas, eds. A. Barizi and Mujtahid. Malang: UIN-MALIKI Press, 283-86.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2014. “Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang.” Ulumuna: Journal of Islamic Studies 18(1): 139-58. DOI: https://doi.org/10.20414/ujis.v18i1.156
Zainuddin. 2016. “Implementasi Andragogi di Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang.” Qolamuna: Jurnal Studi Islam 2(1):117-33.
Zainuddin, M. 2010. Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN-Press.
Zais, Robert S. 1976. Curriculum: Principles and Foundations. New York: Harper & Row Publishers.
Zamakhsari and Suyanto. 2000. “Efektivitas Pembelajaran di Pesantren Mahasiswa: Studi Kasus Pesantren Aji Mahasiswa al Muhsin Yogyakarta.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 3(2): 153-70. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v2i3.2092
Interview with Suhadak, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, August 10, 2018.
Interview with M. Zainuddin, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, August 2, 2018.
DOI: https://doi.org/10.18860/ua.v20i1.6353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tools:
Indexed By:
All publication by Ulul Albab: Jurnal Studi Islam are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Ulul Albab: Jurnal Studi Islam, P-ISSN : 1858-4349, E-ISSN : 2442-5249