PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP NILAI INOVASI, KEUNGGULAN BERSAING DAN KINERJA PERUSAHAAN

Hanif Mauludin

Abstract


Pemasaran yang berorientasi pasar merupakan aktivitas pemasaran yang memberikan perhatian pada pelanggan, pesaing dan kolaborasi unit kerja didalam perusahaan yang sangat diperlukan didalam meningkatkan nilai inovasi untuk membangun keunggulan bersaing yang akan berdampak pada kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan menguji sejauhmana pengaruh orientasi pasar, nilai inovasi dan keunggulan bersaing terhadap kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap nilai inovasi dan keunggulan bersaing. Orientasi pasar tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja perusahaan. Nilai inovasi dan keunggulan bersaing merupakan variabel yang intervening yang memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan.


Keywords


Kata kunci:orientasi pasar, nilai inovasi, keunggulan bersaing, kinerja perusahaan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ed.v2i1.3109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office:
Megawati Soekarnoputri Building
Islamic Banking Departmen, Faculty of Economics
Jln. Gajayana 50 Telp (0341) 558881
E-mail: eldinar@uin-malang.ac.id
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

E-ISSN 2622-0083 

Creative Commons License
El Dinar under a CC BY SA 4.0 International License.

Member of:

 

Indexed By:

 

 



View My Stats

 

Flag Counter