Penilaian Kinerja di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pasuruan dari Perspektif Finansial dan Non Finansial

Prilia Herdiyani Manafe

Abstract


This research aims to know the performance of PDAM through financial and non financial perspektive. This research employs descriptive qualitative approuch. The data are collected by observation, interview, questionnaires and documentation. The data analysis is conducted by measuring each perspective, the financial and non-financial perspective, which consists of customers, internal business, learning and growth. The result of the research shows that, overall, the performance of PDAM in Pasuruan Regency is good. It is indicated by the high value acqusition from each perspective. Based on the financial perspective to measure the profitability ratio, the ratio indicating the highest increase is ROI, compared to other ratios namely ROE, operating expenses ratio, and NPM. The customer’s perspective which is measured using questionnaires shows the index value of the highest customer’s satisfaction criteria. In addition, as seen from customer’s acqusition and retention, the company is able to retain its customers, but there is an increase in customer complaint number.  Based on the company internal business perspective, the company has given good services for the customers. The learning and growth perspective show a good performance, overall


Keywords


Financial Perspective, Non-Financial Perspective

Full Text:

PDF

References


Agustina 2007. Analisa Knerja system Distribusi Air Bersih PDAM Kecamatan Banyumanik Di Perumnas Banyumanik (studi Kasus Perumnas Banyumanik Kel. Srondol Wetan. Thesis Manajemen Dan Rekayasa Infrastruktur Universitas Diponegoro.

AlQur’an al-kar'rim dan Terjemahan.

Arimbawa dan Putri, 2014. Analisis Penilaian Kinerja Keuangan Dan Non Keuangan PT. BPR Dharmawangsa Utama. .Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Devas, Nick., et.al,1989, Keuangan Pemerintah Daerah di lndonesia, Penerbit UI Press, Jakarta.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: ANDI.

Jeno, Michael. 1997. Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Yang Terkait Dengan Strategi. Manajemen. September - Oktober.

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Junaedi, 2002. Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Pada Pemerintah Daerah. KOMPAK, No.6, September.

Kaplan, Robert S, Norton, David P, The Balanced Scorecard Measures that Drive Performance, Harvard Bussiness Review, January-February 1992.

Kaplan. Robert S dan David Norton. 2000, Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Terjemahan oleh Peter R.Yosi Pasla dari Balanced Scorecard: Trslating Strategi lnto Action (1996), Erlangga, Jakarta.

Kasmir. 2010. Analisis laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Keputusan Menteri Dalam Negeri No 690-069 Tahun 1992 Tentang Pola Petunjuk Teknis Pengelolaan PDAM.

Kodrat Sukardi, David. 2009: Manajemen Strategi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

M. Hanafi dan Abdul Halim. 2005. Analisis Laporan Keuangan.UPP.AMP.YKPN.

Mahsun, Mohamad. (2009). Pengukuran Knerja Sektor Publik (3 th ed). Yogyakarta: BPFE.

Mahsun. M. 2006. Pengukuran Kinerja Sector Public. BPFE:Yogyakarta.

Michael P Todaro. 2000. Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Penerbit: Jakarta: Erlangga.

Mulyadi, 2001, Balanced Scorecard: Alat Mananajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan, Edisi Pertama, Salemba Empat Jakarta.

Nazir. 2005. Metode penelitian, cetakan kelima. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pabundu, Moh. 2006. Metode Riset Bisnis. Cetakan pertama. Jakarta: Bumu aksara.

Pande dan Putra. 2013. Penilain Kinerja PDAM Kota Denpasar Ditinjau Dari Aspek Finansial Dan Non Finansial. Lurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Robert, S Kaplan & David, P Norton. 1996. Balance Scorecard :Menetapkan S trategi Menjadi Aksi. Erlangga. Jakarta.

Robertson. 2002. Perwujudan Akuntabilitas Instansi Pemerintah,Edisi Pertama,

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Rudianto.2015. Akuntansi Manajemen, Jakarta: PT Grasindo.

Selado, 2014. Analisis Kinerja Menggunakan Balanced Scorecard Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Studi Kasus pada PDAM Kabupaten Batang). Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Simamora, Bilson. 2004. Riset Pemasaran, Cetakan pertama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Srimindarti, Ceacilia . 2004. Balanced scorecard sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja.

Sugiyono. 2012.Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta. Bandung.

Sunyoto, Danang. 2013. Metode Penelitian Akuntansi. Cetakan Kesatu. PT Refika Aditama. Bandung.

Undang-Undang No 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air.




DOI: http://dx.doi.org/10.18860/ed.v4i2.5464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 El Dinar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jln. Gajayana 50 Telp. (0341) 558881, e-mail: eldinar@uin-malang.ac.id

Member of:

Indexed By: