PENGARUH PELATIHAN RELAKSASI DENGAN DZIKIR UNTUK MENGATASI KECEMASAN IBU HAMIL PERTAMA

Sofia Retnowati

Abstract


ABSTRAK Tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia salah satunya disebabkan oleh kondisi emosional ibu yang kurang baik selama periode kehamilan. Data penelitian menunjukkan bahwa kehamilan selain merupakan sumber kebahagiaan, juga merupakan sumber kecemasan seorang ibu. Padahal kecemasan yang berlebihan mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan psikis ibu serta bayi yang dikandung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh
Program Pelatihan Relaksasi dengan Dzikir untuk mengurangi kecemasan ibu hamil. Subjek adalah 2 kelompok ibu hamil dengan kehamilan pertama. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Kecemasan Menghadapi Kehamilan Pertama yang diberikan dua kali kepada subjek yaitu sesaat sebelum dan setelah intervensi. Kelompok pertama mendapatkan Pelatihan Relaksasi dengan Dzikir untuk mengurangi kecemasan saat kehamilan, sedangkan kelompok kedua dijadikan sebagai kelompok kontrol (waiting list). Selisih (gain score) pretest dan posttest kedua kelompok subjek kemudian dibandingkan menggunakan analisis Mann-Whitney untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan gain score kecemasan yang signifikan. Hasilnya adalah kelompok subjek yang mengikuti Pelatihan Relaksasi dengan Dzikir mengalami penurunan kecemasan yang signifikan pada p=0,008 (p<0,01) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pelatihan Relaksasi dengan Dzikir dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan kecemasan kehamilan ibu hamil pertama.

Keywords


Kecemasan; Relaksasi; Dzikir; Ibu; hamil

Full Text:

PDF PS


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/psi.v0i1.1543

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.