Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Psikoislamika : Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN

 

  1. a.      Judul, dengan ketentuan: a) Judul merupakan rumusan mengenai pokok isi bahasan yang singkat, padat, dan jelas. Boleh menggunakan judul yang kreatif dan menarik minat pembaca (maksimal 14 kata). b) Judul ditulis dalam Bahasa Indonesia. c) Judul diketik dengan huruf kapital tebal (capital, bold).
  2. b.      Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak merupakan intisari pokok bahasan dari keseluruhan artikel. Abstrak ditulis dalam satu paragraf berjarak 1 spasi, dengan panjang maksimal 200 kata. Abstrak disajikan dengan singkat dan jelas, harus mengandung 4 (empat) unsur, yakni: Alasan pemilihan topik atau pentingnya topik penelitian, hipotesis, metode penelitian, dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.
  3. c.       Kata kunci berisi kata-kata pokok dalam penelitian, dapat diambil dari variabel penelitian, karakteristik subjek, dan teori yang diacu (minimum tiga  kata atau gabungan kata, ditulis berdasarkan urutan abjad).
  4. d.      Pendahuluan (tanpa judul) berisi latar belakang permasalahan, tujuan, dan manfaat penelitian, kajian teori, dan diakhiri dengan hipotesis (jumlah halaman kurang lebih 20%).
  5. e.       Metode berisi identifikasi variabel penelitian, subjek penelitian, instrumen penelitian, dan metode penelitian termasuk teknik analisis data yang digunakan (jumlah halaman kurang lebih 20%).
  6. f.       Hasil berisi paparan hasil analisis data, terdiri dari statistika deskriptif, hasil uji asumsi, dan hasil uji hipotesis yang dipaparkan secara berurutan atau terpadu (jumlah halaman kurang lebih 20%).
  7. g.      Diskusi berisi penjelasan mengenai hasil penelitian yang dikaitkan dengan hasil penelitian-penelitian sebelumnya, dianalisis secara kritis dan dikaitkan dengan literatur terkini yang relevan (jumlah halaman kurang lebih 30-40%).
  8. h.      Kesimpulan dan saran berisi jawaban dari tujuan penelitian yang ditulis secara ringkas, jelas, dan padat didasarkan pada hasil penelitian dan diskusi (kurang lebih 1 halaman).
  9. i.        Daftar pustaka berisi sumber rujukan Rujukan yang diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa buku, laporan (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal dan atau majalah ilmiah.

1)      Memuat sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan artikel yang terdiri dari 80% berupa rujukan primer dan mutakhir (berasal dari jurnal dan penelitian) serta 20% berupa rujukan teks (maksimal 10 tahun).

2)      Sitasi dalam teks dan daftar pustaka harus menyesuaikan dengan gaya American Psychological Association (APA).

3)      Artikel dari jurnal-jurnal ilmiah bereputasi dan buku-buku teks sangat disarankan untuk menjadi referensi utama Anda.

4)      Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan menggunakan kaidah tata bahasa yang baik dan benar.

5)      Penulisan artikel dalam bahasa Inggris pada umumnya dalam bentuk past tense.

6)      Daftar pustaka disusun tanpa nomor berdasarkan abjad dengan menuliskan nama pengarang, tahun penerbitan, judul, penerbit dan kota penerbitan. Nama pengarang Indonesia ditulis sesuai dengan urutan namanya, tanpa gelar. Kutipan disebutkan sumber (nama dan tahun). Tanpa catatan kaki (kecuali jika sumbernya dari wawancara).

7)      Nama Pengarang dalam satu referensi apabila nama keduanya disingkat, maka nama pengarang dari referensi selanjutnya harus disingkat juga. Sebaliknya apabila nama kedua pengarang tidak disingkat, maka selanjutnya juga tidak disingkat.

Shofiah, Nurul. (2018)..... atau Shofiah, N. (2008).....

 

  1. Sistematika penulisan
    1. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar, diketik rapi dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi At least 12 pts, kertas A4.
    2. Artikel terdiri atas 20-25 halaman dengan margin atas, bawah dan samping 1 inci.
    3. Semua halaman termasuk tabel, lampiran, dan daftar pustaka diberi nomor urut halaman.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Artikel adalah hasil penelitian yang bersifat orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan tidak sedang disubmit pada jurnal yang lain
  2. Artikel diajukan dalam format dokumen Microsoft Word, Open Office (.doc, .docx, .rtf).
  3. Tidak mencantumkan nama penulis, afiliasi, serta alamat email, dan identitas lain dalam naskah
  4. Artikel diketik dalam 1 spasi dengan font Times New Roman 12-point, sesuai dengan gaya selingkung dan petunjuk penulisan yang telah tersedia (Author Guideline dan Template).
  5. Artikel telah mencantumkan referensi dari artikel jurnal dan buku terkait
  6. Artikel bebas dari unsur plagiasi dan fabrikasi data
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.