HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN HARDINESS DENGAN PENYESUAIAN DIRI MENANTU PEREMPUAN YANG TINGGAL DI RUMAH IBU MERTUA

Siti Fadjryana Fitroh

Abstract


Kondisi menantu perempuan saat tinggal di rumah ibu mertua merupakan suatu fenomena menarik untuk dibahas. Penyesuaian diri merupakan salah satu kata kunci nyaman atau tidaknya menantu perempuan di rumah mertua. Kematangan emosi dan hardiness berperan penting dalam proses penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pertama, hubungan kematangan emosi dan hardiness secara bersama-sama dengan penyesuaian diri. Kedua, hubungan kematangan emosi dengan penyesuaian diri. Ketiga, hubungan hardiness dengan penyesuaian diri. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 menantu perempuan yang tinggal di Kecamatan Kedungpring Jawa Timur. Pengumpulan data dalam  penelitian ini menggunakan tiga skala yaitu skala penyesuaian diri, kematangan emosi dan hardiness. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa hipotesis pertama diterima, dengan F = 6.376 dengan p = 0.005. Untuk hipotesis kedua di tolak dengan corellation partial 0.219 dengan p = 0.254, sedangkan untuk hipotesis ketiga diterima dengan corellation partial 0.442 dengan p = 0.020.

 


Keywords


penyesuaian diri; kematangan emosi; hardiness

Full Text:

PDF P PS


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/psi.v0i1.1547

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.