Pengaruh Pelatihan berpikir positif pada ketidakpuasan terhadap citra tubuh (body Image Dissatisfaction)

Akhmad Mukhlis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pelatihan berpikir positif terhadap ketidakpuasan terhadap citra tubuh. Penelitian ini menggunakan kerangka teori yang mengacu pada the Body Dissatisfaction subscale of the Eating Disorders Inventory-2 (EDI-2) yang disusun oleh Garner dkk.. Subjek adalah remaja perempuan sekolah menengah atas. Subjek memiliki skor EDI-2 tinggi dan bersedia menjadi subjek dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek kemudian diminta untuk mengisi EDI-2 sebanyak dua kali yaitu sebelum terapi (pretest), sesaat setelah terapi (posttest) serta diminta untuk menuliskan perkembangan emosinya selama pelatihan. Data dalam penelitian berupa data kuantitatif yang dilengkapi dengan data kualitatif untuk menguatkan penjelasan proses terapi, khususnya dari sisi subjek. Data kuantitatif kemudian dianalisis dengan uji-t dua sampel independen (Independent Sample t-test) dan uji berpasangan (Paired t-test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara skor EDI-2 pada saat posttest dibandingkan dengan saat pretest peningkatan skor sebesar 17,62 dan p = 0,000 (p < 0,05), sedangkan pada kelompok kontrol tidak ada perbedaan skor yang signifikan (p=0.824). Mengenai hasil-hasil temuan penelitian tersebut akan dipaparkan secara lebih luas di dalam diskusi

Keywords


Pelatihan Berpikir Positif; EDI-2; Remaja Perempuan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v10i1.6357

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

    

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.