Hubungan Antara Dukungan Sosial dari Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren ANNUR 2 Al Murtadlo Malang

Apprillia Mega

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat dukungan sosial dari orang tua dengan tingkat penyesuaian diri santri Pondok Pesantren Annur 2 Al Murtadlo Malang. Metode penelitian adalah korelasional kuantitatif. Pengambilan sampel diperoleh secara purposive dan random sampling adalah 68 orang. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dengan skala Liken. Skala Penyesuaian diri berjumlah 35 aitem dengan reliabilitas a = ,959, angket dukungan sosial berjumlah 30 aitem dengan reliabilitas a = ,949. Teknik analisis menggunakan korelasi Product Moment. Hasil korelasi diketahui nilai r hit adalah - 0.193 dan nilai r ubte adalah 0,115. Hubungan Korelasi dikatakan signifikan apabila rhlt lebih besardari pada rtlb,e. Penelitian ini ditemukan bahwa r table lebih besar dari pada r wt, maka disimpulkan bahwa hasil korelasi tidak mempunyai hubungan. Maka hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan antara dukungan sosial dari orang tua dengan penyesuaian diri santri remaja.

Keywords


Dukungan sosial; Penyesuaian diri

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/psi.v10i2.6369

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.