Hubungan antara Resiliensi dengan Work Engagement pada Guru SLB

Eka Yulia Asfiyah, Endah Kurniawati P

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat work engagement dan resiliensi pada guru di sekolah luar biasa (SLB), serta hubungan antara resiliensi dengan work engagement pada guru di SLB Putra Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan jumlah sampel 24 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner atau angket resiliensi dengan reliabilitas a = 0,958 dan angket work engagement dengan reliabilitas a = 0,905. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) tingkat resiliensi guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 95%, (2) tingkat work engagement guru berada pada kategori tinggi dengan persentase 86%, (3) nilai F hitung = 40,021 dan F tabel=4,38 maka Fhitung > Ftabel dengan signifikan p = 0,000. Hasil ini menunjukkan hubungan antara resiliensi dengan work engagement. Besarnya hubungan antara resiliensi dengan work engagement menghasilkan nilai korelasi sebesar R = 0,823 dan menunjukkan adanya korelasi positif. Sebagai rincian resiliensi memiliki sumbangan efektif terhadap work engagement sebesar 67,8%.

Keywords


Work Engagement; Resiliensi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v11i2.6385

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing By:

 SINTAImage result for google scholaripiii.png

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.