Efektivitas Pelatihan Asertivitas Untuk Meningkatkan Self Esteem Remaja Putri Yang Mengalami Kecenderungan Kekerasan Dalam Berpacaran

Rima Fuji Ristiani, IGAA. Noviekayati, Sahat Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji korelasi antara pelatihan asertivitas dan self esteem remaja putri yang mengalami kecenderungan kekerasan dalam berpacaran dan untuk menguji efektivitas pelatihan asertifitas dalam meningkatkan self esteem remaja putri yang mengalami kecenderungan kekerasan dalam berpacaran. Subjek pada penelitian ini adalah 38 siswi SMK Unitomo Surabaya yang mengalami kecenderungan kekerasan dalam pacaran dan self esteem rendah. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif pre experimental design dengan jenis pre test and post test one group design. Metode ini diberikan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistic parametric uji T-Test. Hasil analisis hipotesis pertama diperoleh nilai koefisien korelasi 0,383 dan nilai signifikansi P= 0,018 (P > 0,05) maka hipotesis pertama diterima, dan hasil analisis hipotesis kedua diketahui bahwa nilai koefisien korelasi 0,831 (self esteem) dengan signifikansi P= 0,000 (P < 0,05) dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaaan rata-rata skor pre-test dan post-test, maka hipotesis ditolak. Hasil penelitian ini menyimpulkan pelatihan asertivitas berkorelasi positif dengan self esteem remaja putri yang mengalami kecenderungan kekerasan dalam berpacaran di SMK Unitomo Surabaya, akan tetapi tampaknya pelatihan asertivitas belum efektif untuk meningkatkan self esteem remaja putri yang mengalami kecenderungan kekerasan dalam berpacaran.

Keywords


self esteem, kekerasan dalam berpacaran, remaja putri, pelatihan asertivitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/psi.v14i1.6503

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.