Efektivitas Psikoedukasi Seks Pranikah untuk Menurunkan Perilaku Seks Bebas Pada Siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian

Finanin Nur Indana, IGAA Noviekayati, Sahat Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas psikoedukasi seks pranikah dalam menurunkan perilaku seks bebas pada siswa SMP ditinjau dari tipe kepribadian (introvert maupun ekstrovert). Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan teknik one group pre-test post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Darul Hikmah Mojosari, sebanyak 54 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Analisis data menggunakan paired sample t-test. Hipotesis pertama berbunyi terdapat pengaruh psikoedukasi seks pranikah untuk menurunkan perilaku seks bebas pada siswa SMP Darul Hikmah, diterima. Hipotesis kedua berbunyi terdapat perbedaan signifikan penurunan seks bebas ditinjau dari tipe kepribadian setelah dilakukan psikoedukasi seks pranikah, diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian psikoedukasi seks pranikah dapat menurunkan perilaku seks bebas pada siswa SMP Darul Hikmah. Pemberian psikoedukasi seks pranikah lebih efektif digunakan untuk menurunkan perilaku seks bebas pada siswa SMP Darul Hikmah yang memiliki tipe kepribadian ekstrovet.

Keywords


Psikoedukasi Seks Pranikah; Perilaku Seks Bebas; Tipe Kepribadian; Remaja

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18860/psi.v14i2.6505

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.