Terapi Bermain Dengan CBPT (Cognitive Behavior Play Therapy) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pada Anak ADHD

Ella Kholilah, Yulia Solichatun

Abstract


ADHD merupakan gangguan pada anak yang timbul pada masa perkembangan dini (sebelum berusia 7 tahun) dengan ciri utama ketidakmampuan memusatkan perhatian, impulsif, dan hiperaktif. Menurut DSM IV-TR (2005) bahwa anak dengan gangguan ADHD mempunyai ciri-ciri sering gagal dalam memberi perhatian terhadap suatu kegiatan dan kesulitan menjaga perhatian (konsentrasi) dalam menerima tugas dan kegiatan bermain. Oleh sebab itu, diperlukan adanya suatu penanganan khusus untuk meningkatkan konsentrasi, menurunkan gejala hiperaktivitas dan impulsivitas pada anak ADHD. Salah satu penangananya melalui terapi bermain dengan basis terapi bermain kognitif-perilaku (CBPT).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terapi bermain dengan  CBPT dapat meningkatkan pemusatan perhatian (konsentrasi) pada anak ADHD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen, metode pengumpulan data menggunakan observasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa grafik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi bermain dapat meningkatkan konsentrasi pada anak ADHD.

 


Keywords


ADHD, CBPT, Konsentrasi, Terapi Bermain

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i1.6662

Indexing By:

 

 Image result for google scholar

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.