Efektifitas Komunikasi Berkualitas untuk Meningkatkan Kehangatan dalam Pengasuhan Pada Orangtua Sibuk Bekerja Di KB-TK IT Al-Hikmah

Nangimatur Rofingah, Mohammad Mahpur

Abstract


Orangtua sibuk bekerja bukanlah penyebab dari keterlambatan dalam tumbuh kembang anak, akan tetapi kesibukan orangtua dalam bekerja menjadikan kurang terbentuknya kehangatan dalam pengasuhan yang menyebabkan tumbuh kembang anak tidak optimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kehangatan dalam pengasuhan adalah komunikasi yang terjalin antara anak dengan orang tua yang terbatas. Hal ini dapat dilihat dari waktu kebersamaan orang tua yang sibuk bekerja dengan anak sangat minim. Untuk itulah perlu adanya komunikasi yang berkualitas secara waktu agar kehangatan dalam pengasuhan dapat diterima oleh anak.  Minimnya waktu yang dimiliki oleh orangtua sibuk bekerja yang diberikan pada anak menjadi sebuah problematika penting yang harus segera diselesaikan. Melalui metode action research dengan pengolahan data secara deskripif disertai dengan kuantitatif sebagai pelengkap, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan komunikasi berkualitas dalam meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan pada orangtua sibuk kerja. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orangtua sibuk kerja di KB/TK-IT Al-Hikmah Blitar. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 2 bulan. Setelah diterapkannya komunikasi berkualitas ternyata mampu meningkatkan kehangatan dalam pengasuhan orangtua sibuk kerja ditandai dengan meningkatnya indikator penghargaan, dukungan dan responsifitas orangtua dari 26% meningkat menjadi 38%. Kesimpulannya bahwa penelitian ini selain dapat membuktikan bahwa komunikasi berkualitas mampu digunakan untuk meningkatkan kehangatan pengasuhan juga dapat diterapkan pada bidang pendidikan terutama dalam hal pengasuhan anak, penelitian ini mengkombinasikan antara pihak sekolah dengan keluarga sehingga perkembangan anak berjalan dengan seimbang.


Keywords


kehangatan Pengasuhan, komunikasi berkualitas, Orangtua Sibuk Kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6739

Indexing By:

 

 Image result for google scholar  Logo IPI   

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.