Pengaruh Kepribadian Big 5 Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa MTSN

Soffy Balgies

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait dalam kepribadian big five terhadap motivasi berprestasi siswa MTsN. Jenis penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah peserta didik cerdas istimewa di MTsN Bangkalan sebagai madrasah model pertama yang  menerapkan pembelajaran model ini di Madura. Sampel penelitian adalah 73 siswa kelas 8 di kelas olimpiade, unggulan dan sistem kredit semester. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan skala pengukuran motivasi berprestasi dan kepribadian big five dan yang kemudian dianalisa dengan statistik regresi sederhana.  Hasil menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian extraversion dengan motivasi berprestasi, tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian oppeness dengan motivasi berprestasi, dan tidak adanya hubungan yang signifikan antara kepribadian agreableness dengan motivasi berprestasi. Selanjutnya ada hubungan negatif yang signifikan antara kepribadian neuroticism dengan motivasi berprestasi, dengan sumbangan 20%. Kemudian ada hubungan positif yang signifikan antara kepribadian conscientiousness dengan motivasi berprestasi dengan sumbangan 38%. Sisanya 42 % variebel lain yang mempengaruhi motivasi berprestasi. Hasil berimplikasi pada proses pembelajaran yang harus memperhatikan aspek kepribadian yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi dalam menunjang hasil belajar.


Keywords


motivasi berprestasi; kepribadian big five; extraversion; openness; agreableness; neuroticism; conscientiousness

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6742

Indexing By:

 

 Image result for google scholar

 

SINTA

 

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.