Strategi, Aplikasi dan Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang

Yahya Yahya, Yusuf Ratu Agung, Muh. Anwar Fu’ady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi, Aplikasi dan Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual di pesantren. Mengingat betapa pentingnya kedua kecerdasan tersebut dalam menentukan kesuksesan seseorang dalam menjalani kehidupan di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek peneltian ini adalah santri di Lembaga Tinggi Pesantren Luhur yang keseluruhan santrinya adalah mereka yang sedang melanjutkan pendidikan di level perguruan tinggi. Tehnik pengumpuan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang menerapkan pengembangan kecerdasan spiritual dan emosional melalui beberapa kegoiatan pesantren diantaanya adalah JQH, dan FORKAFI, diamana dengan kegiatan tersebut diharapkan santri memahami dan menjalankan isi yang ada dalam al-Qur’an yang akan menjadi penuntun dalam menjalankan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam al-Qur’an dianjurkan untuk berlaku jujur dan melakukan pengabdian kepada masyaraka. Kegiatan pengembangan kecerdsan emosional berupa kegiatan halaqoh. Kegiatan halaqoh ini dengan memberikan beberapa materi lintas disiplin ilmu yang mana dalam materi tersebut akan memberikan pemahaman keilmuan yang menyeluruh sehingga setiap santri akan memiliki satu kesatuan kemampuan emosional dan personal, yang mana dalam materi tersebut diatas sangat relevan dengan kehidupan sehari-hari.


Keywords


Santri; Kecerdasan emosional dan Spiritual

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/psi.v15i2.6743

Indexing By:

 SINTAImage result for google scholaripiii.png

------------------------------------------------------------------------------------------

PSIKOISLAMIKA: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam by http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/psiko is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.