KERJASAMA HUMAS SEKOLAH DENGAN DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI (DUDI) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN SISWA di SMKN 2 PONOROGO

Ryan Rahmawati

Abstract


Sekolah menengah kejuruan SMK menjalin kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melalui peranan hubungan masyarakat yang ada di sekolah. Humas sekolah memegang peranan sangat penting untuk menjembatani serta mendukung terwujudnya kerjasama dan hubungan yang baik dengan DUDI. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) upaya humas dalam membangun, memelihara kerjasama dengan DUDI, (2) strategi humas dengan DUDI dalam meningkatkan kompetensi lulusan siswa di SMKN 2 Ponorogo (3) implikasi humas dengan DUDI  dalam meningkatkan kompetensi lulusan siswa di SMKN 2 Ponorogo. Melaluippendekatan kualitatif, dengannmetode deskriptif, teknikkpengumpulan data dilakukannmelalui wawancara, observasi, dannstudi dokumentasi. Subjek penelitiannadalah Humas, ketua program keahlian, kepala sekolah. Hasil penelitian ditemukan: upaya humas dalam membangun, memelihara serta menjaga kerjasama dengan DUDI di SMKN 2 ponorogo yaitu dengan berkomunikasi dan interaksi yang baik dari tim Humas dengan mitra kerja DUDI, berkoordinasi langsung kepala sekolah tim Humas dan pihak DUDI, strategi yang digunakan tim humas sekaligus kepala sekolah dan DUDI untuk meningkatkan kompetensi lulusan siswa yaitu, Mengembangkan program sekolah seperti Theacing Factory (pembelajaran kewirausahaan), Mengembangkan sumber daya manusia atau potensi mengajar guru produktif, implikasi dari peran humas dan DUDI dalam meningkatkan kompetensi lulusan siswa yaitu, meningkatnya kreatifitas dan kompetensi siswa, meningkatnya pengetahuan siswa dalam berwirausaha di dalam sekolah maupun di luar sekolah.Kata Kunci: Hubungan Masyarakat; DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri); Kompetensi Lulusan.

Full Text:

PDF

References


Arina Hidayati. (2015). Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan Dunia Usaha Dan Industri (Studi Kasus Di Smk Negeri 1 Batang). Jurnal Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. November.

Baiq Jasni Mahayani, Sudirman Wilian dan Muntari, (2020). Strategi Manajerial Kepala SMK Negeri 1 Praya Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan. Volume 4 No 1. Januari. 3.

Efri Novianto. (2019). Manajemen Strategis. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Hatijah F dan M Sholeh. (2019). Peran Humas Dalam Membangun Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri Di SMK Muhammadiyah 1 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vol 7 No 1.

Isbianti, Pandit. (2019). Peran Humas Sebagai Upaya Menjalin Kerja Sama Antara SMK dengan DUDI. Jurnal Manajemen Pendidikan. No.01.April.

Listyanto, Virgiawan. (2019). Peran Humas Dalam Meningkatkan Kemitraan Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (Du/Di) Di Smk Negeri 6 Yogyakarta. Jurnal Administrasi Pendidikan Pendidikan.

M. Fahim Tharaba. (2019). Manajemen Pendidikan Islam Analisis Teori Pedagogik dan Andragogik. J-MPI, Vol.4 No. 1. ISSN: 2477-4987.

Permendiknas Nomer 23 2007 tentang standar kompetensi lulusan satuan pendidikan SMK.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sujono. (2020, November). Kepala Sekolah SMKN 2 Ponorogo. (Ryan Rahmawati, Interviewer).

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 35

Undang-undang Sidiknas Tentang Standart Kompetensi Lulusan Bab V Pasal 25 Tahun 2003.

Sriana. (2020, November). Waka Humas SMKN 2 Ponorogo. (Ryan Rahmawati, Interviewer).

Yulmawati. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SD Negeri 03 Sungaang. Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 2.




DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v1i2.13996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ryan Rahmawati

AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 
Mailing Address
Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
                                                                                                                      

INDEXED BY