Islamic Education Management Strategy through Optimizing Facilities and Infrastructure Financing to Improve the Quality of Learning

jihan prisilia sabila, Muhammad Nur Kholis P., Ahmad Dwiqi M., Aida Alifiya, Ahmad Ta’rifin

Abstract


Educational facilities and infrastructure are important factors in improving the efficiency of learning and learning. Management of educational facilities and infrastructure is defined as a collaborative process of the effective and efficient utilization of all educational facilities and infrastructure. The purpose of managing educational facilities and infrastructure is to provide professional services in the field of educational facilities and infrastructure to carry out the education process effectively and efficiently. This qualitative research aims to reveal the implementation of management of education facilities and infrastructure and the role of teachers in improving the quality of learning through the utilization of educational facilities and infrastructure at SMP N 2 Kajen Pekalongan, by way of interviews, observation, and documentation. The data validity technique uses triangulation to make the data obtained more accurate.

Keywords


Islamic Education Management Strategy, Facilities and Infrastructure

Full Text:

PDF

References


Aji Wahyudin, Aulia Rizki, Humam Nasirudin, and Lutfi Setya Prayogi. 2023. “Transformasi Pendidikan Islam Di Era Smart Society 5.0: Strategi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Pembelajaran Guru Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(2):107–17.

Bachri, Bachtiar S. 2010. “Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Teknologi Pendidikan.

Bafadal., Ibrahim. 2013. Manajemen Perlengkapan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Burhanuddin. 2013. Manajemen Pendidikan. Malang: PT. Universitas Negeri Malang.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. 2003. “Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia 20:https://www.dpr.go.id/.

Firdianti. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Gunawan, I & Benty, D, D, N. 2017. “Scholar (1).”

Gunawan, Imam dan Djum Djum Nor Benty. 2021. Manajemen Pendidikan. Bandung: IKAPI.

Hubarman, Miles and. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Indriawati, Priati, and Suyanti. 2022. “Analisis Manajemen Keuangan Sekolah Pada Sekolah Menengah Kejurusan (SMK).” Etnik: Jurnal Ekonomi Dan Teknik 1(12):826–35.

Jamiludin Usman. 2016. “Urgensi Manajemen Pembiayaan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 11(2):219.

Majid, A. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maryam, Dewi, Fia Febiola, Sari Dian Agami, and Ulya Fawaida. 2020. “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual.” Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 7(1):43–50.

Masditou. 2017. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Menuju Pendidikan Yang Bermutu.” ANSIRU PAI 1(2):1–10.

Maulansyah, R., D. Febrianty, and M. Asbari. 2023. “Peran Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Penting Dan Genting!” Journal of Information Systems and Management (JISMA) 2(5):31–35.

Megasari. 2020. “Peningkatan Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan Untuk Meningkatan Kualitas Pembelajaran Di SMPN 5 Bukittinggi.” Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 2(1):636–48.

Muhammad Rijal Fadli. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21(1):33–54.

Mulyasa. 2014. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muwahid, Shulhan, and Soim. 2013. “Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam.” Jurnal Intelektualita 1:101.

Saefullah, U. 2012. “Manajemen Pendidikan Islam.” 332.

Saifulloh, Ahmad Munir, and Mohammad Darwis. 2020. “Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid-19.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah 3(2):285. doi: 10.36835/bidayatuna.v3i2.638.

Sardiman. 2012. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

siswanto. n.d. Pengantar Manajemen.

Sugiyama. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta.

Sulfanti, Andi Samsu Alam, and Andi Lukman Irwan. 2010. “Akuntabilitas Pengolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Di Kabupaten Sinjai.” Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah/madrasah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suwarno. 2021. “Pentingnya Rubrik Penilaian Dalam Pengukuran Kejujuran Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan 19(1).

Wahab, G., and R. Rosnawati. 2011. Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Erlangga.

Wahyudi, Sigit. 2021. “Peranan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Upaya Menuntaskan Wajib Belajar 9 Tahun Di Mts Nw Teros Tahun Anggaran 2019/2020.” Cendekia: Jurnal Studi Keislaman 7(1):32–52.

Wahyudin, Aji, Ainun Rohman, and Ulfa Fauziah. 2023. “Implementation Of Public Relations Management Development At Boarding Schools In The Smart Society 5.0 Era.” Al-Wijdan: Journal of Islamic Education Studies 8(2).

Womsiwor, Agarita Clara, Siti Rongfingatun, and Theo Allolayuk. 2020. “Analisis Efektifitas Dan Efisiensi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) (Studi Pada Satuan Pendidikan Dasar Di Distrik Demta Kabupaten Jayapura).” Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah 15(1):92–99.




DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v3i2.24372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 jihan prisilia sabila, Ahmad Ta'rifin

AR-ROSIKHUN: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 
Alamat surat
Pascasarjana Universitas Islam Negeri UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur
                                                                                                                      

DIINDEKS OLEH