Implementation Of Curriculum Management Through A Conducive Learning Environment
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifuddin, Nurbayan, M. Tahir, & Syukurman. (2024). Praktik pembelajaran berdifferensiasi dalam kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak. Praksis: Jurnal Pendidikan, Budaya, Dan Literasi, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.71260/jpal.v1i1.6
Ariyanti, A., & Anwar, S. (2024). Peran Penting Pendidik dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam (studi kasus di RA Nashrus Sunnah Madiun). ABUYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.52185/abuyaVol2iss2Y2024447
Budi, B., Nurhasanah, N., Ramadhani, J., Utami, N. T., & Hasanah, U. (2024). Pentingnya Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa. VISA: Journal of Vision and Ideas, 4(1), 201–207. https://doi.org/10.47467/visa.v4i1.1478
Bukhori, I., Supriyatno, T., & Widodo, B. (2025). Kreativitas Guru dalam Penataan Ruang Kelas Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Nyaman bagi Siswa Kelas V di MI Nurul Islam Semar Ragang. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(2), 946. https://doi.org/10.35931/am.v9i2.4424
Habbah, E. S. M., & Husna, E. N. (2024). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Pedagogi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.62872/vf2gr537
Harahap, N. (2018). Pengaruh Kebersihan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN 101751. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018, 302, 181–189.
Havidz, H. B. H., & Mujakiah, N. (2023). The Effect of Learning Environment on Student Motivation and Student Achievement (Literature Review Study). International Journal of Psychology and Helath Science (IJPHS), 1(1), 30–39. https://doi.org/10.38035/ijphs.v1i1
Hidayah, N. R., Mustaji, M., Roesminingsih, E., Setyowati, S., & Hariyati, N. (2024). Pengaruh Pengelolaan Kelas dan Iklim Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Research, 5(2), 2386–2395. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1055
Jatiyasa, I. W., Dahlan, T., Iskandar, A., Mertayasa, I. K., Sulkipani, Kurdi, M. sulaiman, & Kurdi, M. sulaiman. (2024). GURU MEMBANGUN Kelas Aktif & Inspirat (A. Iskandar, Ed.; Pertama). Cendikiawan Inovasi Digital Indonesia.
Jumrawarsi, J., & Suhaili, N. (2021). Peran Seorang Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kurniawan, F., Erita, Y., Syahrir, D., & Utami, V. Q. N. (2023). The influence of students’ environment on students’ learning motivation. Journal of Digital Learning and Distance Education, 1(8), 297–305. https://doi.org/10.56778/jdlde.v1i8.58
Mahdalena, M. (2022). PENGARUH MINAT BELAJAR, DUKUNGAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PERILAKU BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (Studi Faktor Yang Mempengaruhi Prilaku Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4,5 dan 6 Pada SDN Binuang 4 da. KINDAI, 18(2), 332–351. https://doi.org/10.35972/kindai.v18i2.803
Mudarris, B. (2024). Strategi Efektif Dalam Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Kondusif. At-Tahsin : Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.59106/attahsin.v4i2.188
Mudatsir, Saptadi, N. T. S., Nurlely, L., Hadikusumo, R. A., Missouri, R., Hamda, E. F., Wardoyo, T. hutami, Talindong, A., Giovanni, R. A., Narayanti, P. satya, Mauliza, E., Edi, S., Aprinalistria, Rusmianti, Y., & Evenddy, sutrisno sadji. (2025). Manajemen Pengelolaan Kelas (A. C. Purnomo, Ed.). PT Sada Kurnia Pustaka.
Mumtazatur Rohmah, S., Dwi Nur Aini, R., & Pendidikan, M. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Lidah Wetan II. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 299–305. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i2.279
Nurlatifah, S., Yanah, N., Nur, L., & Asmoro, T. (2024). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran ( Studi Kasus di MA Al-Muhtadin Pondok Pesantren Riyadhus Samawi ) Universitas Islam Balitar Blitar , Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(6). https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1182
Pajria, S. Z., Karyawati, L., & Karnia, N. (2025). Implementasi Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran PAI. Al-Mau’izhoh, 6(2), 1185–1195. https://doi.org/10.31949/am.v6i2.9875
Safitri, T., & Ain, S. Q. (2024). Strategi Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 6 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(1), 63–74. https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.218
Sukmayanti, S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pengelolaan Kelas Rendah pada Kurikulum Merdeka. Karimah Tauhid, 2(6), 3086-3102. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11113
Tharaba, M. F., & Wahyudin, A. (2024). Penelitian Manajemen Pendidikan Islam. UIN Maliki Pres.
Wahananto, J., Noviyanti, S. F., & Nasyiri, A. N. (2023). Leadership In Developing A Culture Of Quality (Case Study In Madrasah Aliyah Negeri Lamongan). Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 17–30. https://doi.org/10.18860/rosikhun.v3i1.18243
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, Moh. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V., & Krisna, F. N. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. In Kemendikbud.
DOI: https://doi.org/10.18860/rosikhun.v4i2.32600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Muhammad Nasir, Ainul Andy Sudarmoko, Triyo Supriyatno, Bintoro Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jl. Raya Ir. Soekarno No.34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur











