PERILAKU KONFORMITAS PADA TEMAN SEBAYA DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT PENERIMAAN DIRI SANTRI PUTRI DI SEKOLAH MULTIPESANTREN
Muhammad Rizqi Aufaqi Akrom, Aprilia Mega Rosdiana
Abstract
Penerimaan diri merupakan proses penting yang dialami oleh setiap individu terlebih pada masa remaja, penerimaan diri pada masa remaja tentu akan sulit karena sering kali dikaitkan dengan kelompok pertemanan atau konformitas teman sebaya yang berkontribusi terhadap sikap dan perilaku remaja. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh konformitas teman sebaya terhadap penerimaan diri santri putri kelas XII Madarash Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi yang terdapat dalam penelitian ini sejumlah 134 responden. Berdasarkan perhitungan rumus slovin sampel dalam penelitian ini berjumlah 57 responden. Alat pengumpulan data menggunakan skala penerimaan diri oleh Berger (1952), dan skala konformitas teman sebaya milik Sears (1991). Uji hipotesis menggunakan regresi sederhana melalui SPSS 25.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan konformitas teman sebaya berpengaruh terhadap penerimaan diri (P = 0.00 < 0,05) pengaruh yang diberikan bersifat negatif -.721 dengan sumbangan pengaruh yang diberikan sebesar 52%. Hal ini berarti semakin tinggi perilaku konformitas teman maka semakin rendah penerimaan diri. Sehingga perlu kiranya remaja putri untuk melakukan penerimaan diri, dan memahami peranan teman sebaya dalam proses penerimaan diri.
Editorial Office: Gedung Perpustakaan Lt.1 Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl. Gajayana No. 50 Malang. Telp. (0341) 551354, Fax. 572533 Email: egalita@uin-malang.ac.id