Peran Mediasi Minat dalam Pembelian Produk Rabbani: Perspektif Plan of Behaviour Theory

Wahyu Wulandari, Diyah Ariyani

Abstract


This research is motivated by the way women dress that is the cause of sexual harassment. So that the research aims to determine the Effect Analysis of Halal Lifestyle, Price, and Word Of Mouth on Purchase Decisions on Rabbani Products in Salatiga with an Interest as an Intervening Variable. This study used a quantitative method by processing primary data through questionnaires which were distributed to users of Rabbani products in Salatiga as many as 193 respondents using a purposive sampling technique. The analytical tool used in this study is SmartPLS 4.The results of this study indicate that: halal lifestyle, price and word of mouth have a positive and significant effect on purchasing decisions. The interest variable has a positive and significant effect on purchasing decisions. Halal lifestyle, word of mouth has a positive and significant effect on interest. The price variable has a positive and insignificant effect on purchasing decisions. The interest variable can mediate the halal lifestyle variable, word of mouth on purchasing decisions. Interest cannot mediate price on purchasing decisions.

Keywords


Halal Lifestyle, Price, Word Of Mouth, Purchase Decision, Interest.

Full Text:

PDF

References


Ardani, E., & Sugiyanto. (2020). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita Online Dengan Media Sosial Melalui Minat Beli (Studi Kasus Di Wilayah Cakung, Jakarta Timur Dan Kebon Jeruk, Jakarta Barat). KA Ekonomi, 1. Arinda, M. K. (2020). Pengaruh Halal Lifestyle, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kayla Nissa Salon & SPA Muslimah. Repository UIN Sunan Ampel, 105. Ayumi, B., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variable Intervening (Studi pada Konsumen Hypermart Paragon Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, X (2), 1169–1176. Bagas, H. A. (2020). Analisis Pengaruh Merek Islam, Ulasan Konsumen, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Repository UIN Salatiga. Benowati, S. G., & Purba, T. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Kosmetik Wardah di Kota Batam. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 1(1), 56–70. Dayyana, Z. A., & Sarah, S. (2023). Pengaruh Lifestyle, Brand Awarness, Dan Design Terhadap Minat Beli Pada Busana Muslim Shafa Marwa Di Kota Bandung. Journal of Economics and Business UBS, 12(3), 1–23. Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.27 Devita, M. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Word Of Mouth, dan Media Komunikasi Pemasaran (Instagram) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Frozyland. Repositoy Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dewi, I. T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Islamic Branding Dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Rabbani Di Ungaran). Febiyati, L., & Aqmala, D. (2022). Pengaruh E-Wom, Brand Image, Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Grab Melalui Minat Beli Sebagai Variable Intervening. JMDB, 1(1), 28–39. Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840 Fitriana, S. A. N. (2022). Pengaruh Halal Lifestyle, Harga Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Shampo Clear Hijab Pure. Repository UIN Walsongo Semarang, 33(1), 1–12. Fiyan, A. M., & Urip, W. D. (2019). Pengaruh Store Atmosphere dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen. Gama Rossa Romadhoningrum, S. B. S. (2022). Pengaruh Atribut Produk, Promosi Penjualan, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Oleh Preferensi Dan Minat Beli Konsumen(Studi pada Kosmetik Sariayu Marta Tilaar di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(3), 1. Hairudin, U. B., & Alie, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, 1(Cara memanage pemasaran), 1. Irfansyah, F., & Suryaningsih, S. A. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Islami dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Samyang Pada Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2018 – 2020. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5, 43–53. Istiqomah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan hargaterhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening (studi kasus pada butik umah batik kabupaten. Bener meriah provinsi. Aceh). Repository UMSU, 21(1), 1–9. Jecky, J., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Prologia, 5(2), 307. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10199 Kojongian, R., Lapian, J., & Tawas, H. (2019). Analisis Pengaruh Word Of Mouth, Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Smartphone Xiaomi Manado (p. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 7 ,No.4, Edi). Kuni Maghfiroh. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Implikasinya pada Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi. BMAJ, 2(2), 34–44. Kusnadi, A. H., Siregar, M. Y., & Pribadi, T. (2021). Pengaruh Product Involvement Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Asal Korea Merek Etude the House. 2(2). https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.438 Listiyan, M. A. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Halal Awareness Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk K-Bunsik Tokpoki (Studi Generasi Z di Kabupaten Bogor). Repository UIN Syarif Hidayatullah, 33(1), 1–12. Mahadi Putra, A. H. P. (2019). Pengaruh Percieved Quality, Harga Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Oldman.Co. Jurnal Mitra Manajemen, 3(11), 1038–1054. https://doi.org/10.52160/ejmm.v3i11.293 Masy’adah, U. S. (2020). Pengaruh Islamic Branding, Personal Selling, dan Kualitas Produk Terhadap (Studi Kasus Konsumen Rabbani Di Salatiga ). Mongisidi, S. J., Sepang, J., Djurwati Soepeno, Ekonomi, F., & Manajemen, J. (2019). Pengaruh Lifestyle Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike (Studi Kasus Manado Town Square). Emba, 7(3), 2949–2958. Nasution, A. E., Putri, L. P., & Lesmana, M. T. (2019). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 194–199. Noviyanti, I., Sunarsi, D., & Wijoyo, H. (2021). Pengaruh Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart Cabang Cipondoh. 4(1), 43– 54. Nuha, M. S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Wuling Di Kota Makassar Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Repository UIN Alauddin MAKASSAR, 14(1), 1–13. Oktavia, A., & Harahab, D. F. (2021). Life Style Dan Kepercayaan Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Wardah. Jurnal Manajemen Sains, 1(2), 137–145. Pasaribu, R. F. A., Sianipar, I. L., Siagian, Y. F., Sartika, V., Ekonomi, F., & Prima, U. (2019). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk soyjoy PT. Amerta Indah Otsuka Kota Medan. Jurnal Manejemen, 5, 45–52. Powa, G. A., Lapian, S. L. H. V. J., & Wenas, R. S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Pada Mahasiswa Feb Unsrat. Jurnal EMBA, 6(3), 1188–1197. Priyatno, D. D. (2021). Pengembangan Kemampuan Penyesuaian Diri. Proficio, 2(01), 76–81. https://doi.org/10.36728/jpf.v2i01.1372 Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Label Halal, Gaya Hidup dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi Uin Walisongo Semarang). Repository UIN Walisongo Semarang. Puspita, C. M., Budiatmo, A., Bisnis, D. A., & Diponegoro, U. (2019). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi di Kota Semarang). Jurnal Adminiastrasi Bisnis, IX(Iii), 268– 275. Ratnawati, Y. (2021). Pengaruh Label Halal, Celebrity Endorser, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal “Pixy” Oleh Muslimah Milenial Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. In Skripsi. Rohmah, L. W. (2023). Pengaruh Lifestyle, Subjective Norm, Dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Bersertifikasi Halal Pada Generasi Z Di Surakarta. Repository UIN Raden Mas Said Surakarta. Samsudin, A., & Putri, S. A. M. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal. Jurnal Perbankan Syariah Dan Manajemen Bisnis Islam, 01(01), 13–23. Sehani. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Warung Buk’de Di Gomongmataram. Repository UIN Mataram. Shafitri, M., Aryani, L., & Nobelson. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, 02, 201–212. Sinaga, B. A., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Promosi Media Sosial Terhadap Minat Beli Pada Produk Fashion Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 79–94. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.329 Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99 Sukmawati, U., Nurhajati, & Wahono, B. (2019). Pengaruh Label Halal, Gaya Hidup, Harga Produk Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian Wardah (Studi Kasus Mahasiswa FEB UNISMA Tahun Angkatan 2019). E – Jurnal Riset Manajemen, 12(02), 221– 232.




DOI: https://doi.org/10.18860/iq.v20i1.22858



Editorial Office:
Management Department,
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim
Gajayana Str. No. 50 Phone. 082334248882
E-mail: iqtishoduna@uin-malang.ac.id

E-ISSN 2614-3437
P-ISSN 1829-524X

Lisensi Creative Commons
IQTISHODUNA under CC BY SA 4.0 Internasional.

Indexed by: 

  ResearchBib  

Member of:


View My Stats