Dinamika Ojek Konvensional: Studi Fenomenologi dalam Menghadapi Ketidakpastian Pendapatan dan Mempertahankan Eksistensi

Afiq Chamim Mubaroq, Christina Tri Setyorini, Laeli Budiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami profesi ojek konvensional dan bagaimana mereka mempertahankan keberadaannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan melibatkan tujuh informan pengemudi ojek konvensional. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria penelitian yang telah ditentukan. Data diolah melalui proses data reduction, data display, dan conclusion. Penelitian ini menghasilkan lima tema utama yaitu: ketidakpastian, keterbatasan, kompromi, strategi dan relasi, dan kepercayaan. Selanjutnya, peneliti mendeskripsikan esensi konstruksi dari tema yang dialami oleh subjek. Penelitian ini berkontribusi pada literasi dalam memahami dinamika ojek konvensional secara mendalam yang disebabkan oleh transformasi budaya kerja didorong dengan akselerasi teknologi yang tinggi.

Keywords


transportasi, ojek konvensional, ketidakpastian, kualitatif

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, D. (2019). Konflik Transportasi Ojek Pangkalan dan Ojek Online di Bandung (Studi Analisis Tentang Identitas Budaya, Manajemen Konflik, dan Teknologi). Communicare: Journal of Communication Studies, 4(2), 41. https://doi.org/10.37535/101004220173

Barrech, A., Baumert, J., Gündel, H., & Ladwig, K. H. (2018). The impact of job insecurity on long-term self-rated health - Results from the prospective population-based MONICA/KORA study. BMC Public Health, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5621-4

CNN Indonesia. (2023). Jumlah Kendaraan Januari 2023: Lebih Setengah Populasi Warga Indonesia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/jumlah-kendaraan-januari-2023-lebih-setengah-populasi-warga-indonesia, diakses pada 17 September 2023

Cosseboom, L. (2015). This guy turned Go-Jek from a zombie into Indonesia’s hottest startup. TeachinAsia. https://www.techinasia.com/indonesia-go-jek-nadiem-makarim-profile, diakses pada 17 September 2023

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry & Research Design (Fourth). SAGE Publication.

Delle, E., & Searle, B. (2022). Career Adaptability: The Role of Developmental Leadership and Career Optimism. Journal of Career Development, 49(2), 269–281. https://doi.org/10.1177/0894845320930286

Ellis, B. J., Figueredo, A. J., Brumbach, B. H., & Schlomer, G. L. (2009). Fundamental dimensions of environmental risk: The impact of harsh versus unpredictable environments on the evolution and development of life history strategies. In Human Nature (Vol. 20, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s12110-009-9063-7

Fathy, R. (2018). Modal Sosial Ojek Pangkalan: Adaptasi Terhadap Aplikasi Online Transportasi Publik 1 Social. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 20(2), 191–210.

Ferdila, M., Kasful, D., & Us, A. (2021). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 6(2), 2021. http://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb

Graham, P. (2012). Startup= growth. Paul Graham. https://paltelfoundation.ps/uploads/No._16_-_Startup=Growth.pdf

Hallowell, N., Snowdon, C., Morrow, S., Norman, J. E., Denison, F. C., & Lawton, J. (2016). The role of therapeutic optimism in recruitment to a clinical trial in a peripartum setting: Balancing hope and uncertainty. Trials, 17(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s13063-016-1394-1

Laksmiwiyani, G. A. P. Y., & Suartha, I. D. M. (2018). Legalitas Kendaraan Roda Dua Sebagai Angkutan Umum. Kertha Semaya, 6(6), 14. https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/33610

McKinsey. (2017). Jobs lost, jobs gained: Workforce transitions in a time of automation. McKinsey Global Institute, December, 1–148. https://www.mckinsey.com/~/media/BAB489A30B724BECB5DEDC41E9BB9FAC.ashx

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Penerbit Universitas Indonesia.

Pontoh, I. R. (2018). Analisis Perilaku Ojek Konvensional Terhadap Keberadaan Ojek Online Di Bandar Lampung. Skripsi, 42(4), 1.

Prasetya, H. D., & Legowo, M. (2016). Rasionalitas Ojek Konvensional Dalam Mempertahankan Eksistensi di Tengah Adanya Gojek di Kota Surabaya. Jurnal Paradigma, 4(3), 1–7. https://media.neliti.com/media/publications/252591-rasionalitas-ojek-konvensional-dalam-mem-3b4f0c9e.pdf

Pratiwi, D. A. Y., Nurhadi, & Rahman, A. (2018). Strategi Adaptasi Ojek Konvensional dalam Merespon Adanya Ojek Online di Kota Surakarta. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(2), 125–132.https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i2.2594

Purbohastuti, A. W. (2018). Vol. 13, No 1, April 2018. Faktor Penyebab Beralihnya Konsumen Ojek Pangkalan Menjadi Ojek Online, 13(1), 238–251.

Purwanto, A. C., Luthfi, A., & Arsal, T. (2018). Eksistensi Ojek Pangkalan Di Dalam Perkembangan Transportasi Berbasis. Jurnal Sosiologi Antropologi, 7(1), 243–255.

Rasyid, F. (2017). Menghitung Valuasi Startup dan Kaitannya dengan Perusahaan Tradisional. Medium. https://medium.com/@fajrinrasyid/menghitung-valuasi-startup-dan-kaitannya-dengan-perusahaan-tradisional-6103818e724, diakses pada 18 September 2023

Richter, A., & Näswall, K. (2019). Job insecurity and trust: Uncovering a mechanism linking job insecurity to well-being. Work and Stress, 33(1), 22–40. https://doi.org/10.1080/02678373.2018.1461709

Riswanda, A. (2019). Dampak Keberadaan Transportasi Online Terhadap Pendapatan Transportasi Konvensional. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19.http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_

Rumaedah, Maryam, S. H., & Syarkawi, M. T. (2022). Analisis Pengaruh Ojek Online di Wilayah Perkotaan terhadap Moda Transportasi Umum di Kota Makassar. Jurnal Konstruksi, 01(10), 12–22.

Setiawan, I. (2020). Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pangkalan Ojek Konvensional Di Terminal Lama Wonogiri. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(1), 131–142. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.18

Setiyorini, K., & Hendrastomo, G. (2019). Persaingan Antara Ojek Online Dengan Ojek Konvensional Di Stasiun Lempuyangan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 3(1), 29.https://doi.org/10.17977/um021v3i1p29-35

Sumarwoto. (2019). 2 tahun gesekan, angkutan daring dan konvensional Stasiun Purwokerto sepakat damai. Antara Jateng. https://jateng.antaranews.com/berita/280316/2-tahun-gesekan-angkutan-daring-dan-konvensional-stasiun-purwokerto-sepakat-damai, diakses pada 17 September 2023

Tilakdharee, N., Ramidial, S., & Parumasur, S. B. (2010). The relationship between job insecurity and burnout. South African Journal of Economic and Management Sciences, 13(3), 254–271. https://doi.org/10.4102/sajems.v13i3.103

Watung, mega putri, Rotinsulu, debby ch, & tumangkeng, steeva Y. L. (2020). Analisis Perbandingan Pendapatan Ojek Konvensional Dan Ojek Online Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 126–139.

Wijaya, A. (2016). Aspek Hukum Bisnis Transportasi Jualan Online (Tarmizi (ed.); April 2016). Sinar Grafika.




DOI: https://doi.org/10.18860/iq.v20i1.23948



Editorial Office:
Management Department,
Faculty of Economics,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim
Gajayana Str. No. 50 Phone. 082334248882
E-mail: iqtishoduna@uin-malang.ac.id

E-ISSN 2614-3437
P-ISSN 1829-524X

Lisensi Creative Commons
IQTISHODUNA under CC BY SA 4.0 Internasional.

Indexed by: 

  ResearchBib  

Member of:


View My Stats