Kalindaqdaq Tradition of Mandar Community in West Sulawesi: Islamic Education Study Based on Local Wisdom
Abstract
Kalindaqdaq merupakan karya sastra masyarakat Mandar yang tergolong sebagai puisi lama dan dianggap sebagai salah satu aktualisasi harmonisasi agama dan kearifan lokal. Beberapa penelitian tentang Kalindaqdaq telah dilakukan tetapi belum ada yang mengeksplorasi harmonisasi pendidikan Islam dan kearifan lokal dengan perspektif etnopedagogis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnopedagogis. Signifikansi kajian ini adalah untuk menegaskan bahwa keberadaan kearifan lokal dalam pendidikan Islam menjadi penting karena proses pendidikan tidak lepas dari ekspresi budaya dan tatanan adat yang dapat mendidik manusia. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dengan mengidentifikasi, memilih, dan mengkaji literature ilmiah yang relevan dengan topik penelitian dan karya sastra tentang Kalindaqdaq. Analisis dilakukan untuk mengetahui keterpaduan atau keterkaitan kearifan lokal dengan pendidikan. Temuan mengungkapkan bahwa Kalindaqdaq memiliki fungsi sebagai sarana pendidikan agama, moral, media sosialisasi tradisional, alat komunikasi untuk narasi tradisional dan hiburan. Kalindaqdaq sebagai produk budaya mengandung nilai-nilai pendidikan Islam seperti tauhid, ibadah, akhlak, sosial dan kepahlawanan. Implikasi dari penelitian ini berasal dari temuan. Temuan ini menyiratkan bahwa kalindaqdaq penting dari perspektif etnopedagogis, yaitu penggunaan kearifan lokal dalam proses pendidikan. Kajian ini merupakan bukti harmonisasi dan adat Islam serta mendukung pengembangan pendidikan Islam sebagai bagian integral dari pendidikan di Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M.A. (2012). Religion, Science and Culture: An Intregrated, Interconnected Paradigm of Science. al-Jami’ah, 52(1), 175–203. https://doi.org/10.14421/ajis.2014.521.175-203
Adawiah, R., & Srimusdikawati. (201). Contextualization and Entextualization Mandarese Patriotism in Kalindaqdaq Pettomuaneang Performance. al-Adabiyah, 19(1), 1–19. https://doi.org/10.24252/jad.v17i119i1a1
Adawiyah, A., & Munsi, M. F. (2019). Character Values Represented in Tembang Sunda Cianjuran. Indonesian Language Education and Literature, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.3590
Alimuddin, M. R. (2013). Sandeq: Perahu Tercepat Nusantara. Jakarta: Ombak.
Amri. (2017). Makna Simbolik Bentuk Ragam Hias Sarung Tenun Sutera Mandar Di Polewali Mandar. Laga-Laga, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.26887/lg.v1i2.254
Azra, A. (2005). Jaringan Ulama: Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII. Jakarta: Kencana.
Danandjaya, J. (1991). Folklor Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Darmawati, B., & Sahabuddin, C. (2019). Kalindaqdaq: A Medium of Mandarese Character Building. Proceedings of the 28th International Conference, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, July 11–13, 882–830.
Didipu, H. (2012). Suatu Daerah: Konsep Dasar dan Ancangan Penelitiannya. Jakarta: Dapur Buku.
Djakaria, S. (2017). Tahuli dan Tahuda: Tradisi Lisan dan Pembentukan Karakter Bangsa di Masyarakat Gorontalo. Patanjala, 9(2), 147–162. https://doi.org/10.30959/patanjala.v9i2.32
Fakhri, & Faizin, M. (2017). Pesan-Pesan Dakwah dalam Hadih Maja. al-Bayan, 23(2), 263–295. https://doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2498
Hakim, Z. (2012). Nuansa Tasawuf Imam Lapeo Dalam Kalindaqdaq Mandar: Kajian Hermeneutika. Sawerigading, 18(1), 15–24. https://doi.org/10.26499/sawer.v18i1.332
Hamid, A. (2004). Passompe: Pengembaraan Orang Bugis. Makassar: Pustaka Refleksi.
Hamid, A. (2005). Syekh Yusuf: Seorang Ulama, Sufi dan Pejuang. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Hamid, R. A. (2016). Nasionalisme dalam Teror di Mandar Tahun 1947. Paramita, 26(1), 95–105. https://doi.org/10.15294/paramita.v26i1.5149
Harisa, R. (2021). Kaindaqdaq in Tradition of “Sayyang Pattudu” in Polewali Mandar Regency (Study of Islamic Values). Journal of Research and Multidisciplinary, 4(1), 417–422. https://doi.org/10.5281/jrm.v4i1.48
Heriawan, A., et al. (2018). Kajian Etnopedagogi: Seba dalam Masyarakat Baduy. Hermeneutika, 4(2), 47–57. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v4i2.4831
Idham. (2007). Sosialisasi Nilai Budaya Mandar (Studi Kasus pada Generasi Muda di Kec. Balanipa Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat). al-Qalam, 20(2), 115–131. https://doi.org/10.31969/alq.v13i2.568
Idham. (2008). Local Wisdom: Benang Untaian Mutiara Hikmah Dari Mandar Sulawesi Barat. Makassar: Nuqtah.
Idham. (2013). Rukun Islam dalam Kalindaqdaq. Sawerigading, 19(2), 207–216. https://doi.org/10.26499/sawer.v19i2.430
Irfan, A., Safriana, & Yacoeb, M. (2019). Etnopedagogy Dalam Membentuk Karakter Siswa pada Pendidikan Berbasis Madrasah. Dedikasi Pendidikan, 4(1), 1–9.
Ismail, A. (2012). Agama Nelayan: Islam Lokal di Tanah Mandar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kawu, A. S. (2011). Sejarah Masuknya Islam di Majene. al-Qalam, 17(2), 151–162.
Lamusu, S. A. (2020). Kearifan Lokal dalam Sastra Lisan Tuja’i pada Upacara Adat Pingangan Masyarakat Gorontalo. Litera, 19(3), 505–520. https://doi.org/10.21831/ltr.v19i3.32400
Mandra, A. M. (2015). Transliterasi dan Terjemahan Lontar Balanipa Mandar. Makassar: Kretakupa.
Mandra, A. M. (2001). Beberapa Kajian tentang Budaya Mandar. Sendana Majene: Yayasan Saq-Adawang.
Mas’ud, D. (2015). Puang dan Daeng: Sistem Nilai Budaya Orang Balanipa Mandar. Surakarta: Zadahaniva.
Mulyono. (2007). Kajian Nilai Pendidikan Islam dalam Teks Tembang Macapat (Studi Nilai Pendidikan Islam berbasis Budaya). el Harakah: Jurnal Budaya Islam, 9(2), 117–133. https://doi.org/10.18860/el.v9i2.4648
Muslim, A. (2016). Simbol pada Makam Syekh Bil Ma’ruf dan Sosio-Religi Pulau Tanggatangga Sulawesi Barat. Lektur Keagamaan, 14(2), 257–280. https://doi.org/10.31291/jlk.v14i2.501
Ningsih, N. D., & Hotimah, H. H. (2018). Kajian Semiotik dan Etnopedagogik dalam Rumpaka Tembang Sunda Cianjuran. Pena Literasi, 1(2), 81–91. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.81-91
Nurhayati, S. (2013). Kalidaqdaq Sebagai Sarana Berkomunikasi Masyarakat Mandar Sulawesi Barat, Indonesia. Prosiding Seminar Antarabangsa Ke-2 Arkeologi, Sejarah dan Budaya di Alam Melayu, Universiti Kebangsaan Malaysia, Bangi, 26–27 November.
Nurhayati, S. (2016). Kalindaqdaq (Puisi Mandar) Sebagai Sarana Pendidikan Agama bagi Masyarakat Mandar. Prosiding Seminar Internasional, Lampung, 24–26 September, 392–405.
Nurkholis, A. (2018). Mengenal Pusat Kabudayaan Maritim: Suku Bajo, Suku Bugis, Suku Buton, Suku Mandar di Segitiga Emas Nusantara. https://doi.org/10.31227/osf.io/t2xup
Parman, A., et al. (2010). Sejarah Islam di Mandar. Jakarta: Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.
Patji, A. R. (2009). Makassar Nama Kolektif: Masyarakat Migran Sulawesi Selatan di Alor Kecil, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat dan Budaya, 11(2), 151–176. https://doi.org/10.14203/jmb.v11i2.241
Perlas, C. (1996). The Bugis. Oxford: Blackwell Publishers.
Ridhwan. (2017). Development of Tasawuf in South Sulawesi. QIJIS, 5(2), 39–46. https://doi.org/10.21043/qijis.v5i2.2412
Ritawati, T. (2018). Pantun in the Text of Nyanyian Lagu Melayu Asli (NLMA). Harmonia, 18(1), 97–106. https://doi.org/10.15294/harmonia.v18i1.15524
Ruhiyat. (2017). Tradisi Sayyang Pattu’du di Mandar (Studi Kasus Desa Lapeo). Studi Agama dan Masyarakat, 13(1), 1–26. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i1.582
Sahlan, A., & Mulyono. (2012). Pengaruh Islam terhadap Perkembangan Budaya Jawa: Tembang Macapat. El-Harakah, 14(1), 101–114. https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2196
Samad, S. A. A. (2015). Character Education Based on Local Wisdom in Aceh (Study on Tradition of Children in Aceh Community). Al-Ulum, 15(2), 351–370. https://doi.org/10.30603/au.v15i2.206
Sibarani, R. (2012). Kearifan Lokal: Hakikat, Peran dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.
Sunarti, S. (2017). Kosmologi Laut dalam Tradisi Lisan Orang Mandar di Sulawesi Barat. Aksara, 29(1), 33–48. https://doi.org/10.29255/aksara.v29i1.99.33-48
Syahrin, A. A., & Mustika, B. (2020). Etnopedagogi Berlandaskan Nilai-Nilai Rumah Betang dalam Pembelajaran Sosiologi. Entita, 2(2), 198–216. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3923
Syasmita, I. (2019). Pendekatan Etnopedagogi Upaya Membangun Dunia Pendidikan di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, (3), 748–751.
Yasil, S. (2004). Ensiklopedi Sejarah, Tokoh, dan Kebudayaan Mandar. Makassar: LAPAR dan Forum Studi dan Dokumentasi Sejarah dan Kebudayaan Mandar.
Yasil, S., & Darwis, M. (2017). Language Style on the Kalindaqdaq Poem (Introduction of Stylistic Study of Mandar Regional Literature). International Journal of Science and Research, 6(9), 1795–1798.
Zuhriyah. (2013). Jejak Wali Nusantara: Kisah Kewalian Imam Lapeo di Masyarakat Mandar. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.18860/eh.v23i2.13337
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |