A Decade of Digital Da'wah: Global Research Trends And Thematic Evolution (2013 - 2025)
Abstract
Dalam satu dekade terakhir, perubahan platform digital telah secara signifikan mengubah lanskap da'wah Islam, yang kini dikenal luas sebagai da'wah Digital. Meskipun sejumlah studi telah membahas konten dan strategi komunikasi dalam da'wah digital, kajian yang secara sistematis memetakan tren keilmuan global dalam bidang ini masih terbatas. Studi ini mengisi kekosongan tersebut melalui tinjauan bibliometrik yang komprehensif. Penelitian ini menganalisis output keilmuan global tentang da'wah Digital pada rentang waktu 2013 hingga 2025, dengan tujuan mengidentifikasi tren penelitian, penulis berpengaruh, jaringan kolaboratif, serta evolusi tematik dalam bidang ini. Data diambil dari basis data Scopus, dan dianalisis menggunakan alat seperti Biblioshiny dan program R untuk menghasilkan pemetaan visual keterkaitan kata kunci, pola sitasi, dan klaster tematik. Untuk menafsirkan pergeseran tematik, studi ini menggunakan kerangka teori komunikasi Islam dan sosiologi digital, guna memahami bagaimana da'wah beradaptasi dalam konteks digital. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan perhatian akademik terhadap topik seperti da'wah melalui media sosial, komunikasi Islam digital, otoritas keagamaan daring, dan keterlibatan pemuda dalam konten keislaman. Studi ini juga mengungkap distribusi geografis publikasi, dengan kontribusi signifikan dari Asia Tenggara, Timur Tengah, dan kalangan akademik Barat. Analisis evolusi tematik menunjukkan pergeseran dari fokus awal pada produksi konten dan etika media, menuju isu-isu mutakhir seperti visibilitas algoritmik, literasi digital, dan efektivitas da'wah di ruang virtual. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman yang lebih dalam tentang perkembangan da'wah Digital sebagai bidang kajian akademik serta menawarkan wawasan bagi akademisi, praktisi, dan pembuat kebijakan dalam studi komunikasi dan media Islam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qudah, M. A. H., & Rahamneh, K. F. A. (2016). A Proposed Educational Vision For Activating The Role of The Jordanian Universities Students' Families In Enhancing Students' Intellectual Security From The Students' Perspectives. European Scientific Journal, ESJ, 12(16), 105. https://doi.org/10.19044/esj.2016.v12n16p105
Al-Rawi, A. (2017). Islam on YouTube. Palgrave Macmillan UK. https://doi.org/10.1057/978-1-137-39826-0
Al-Zaman, M. S. (2022). Social mediatization of religion: islamic videos on YouTube. Heliyon, 8(3), e09083. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09083
Ali, R., Özvatan, Ö., & Walter, L. (2023). The Narrative Foundations of Radical and Deradicalizing Online Discursive Spaces: A Comparison of the Cases of Generation Islam and Jamal al-Khatib in Germany. Religions, 14(2), 167. https://doi.org/10.3390/rel14020167
Arif, A. M., Cikka, H., Zaifullah, Z., & Kahar, M. I. (2022). The Repositioning of the Islamic Boarding School Cultural Da’wah Movement in Spreading Wasathiyah Islamic Values. Golden Ratio of Social Science and Education, 2(2), 77–86. https://doi.org/10.52970/grsse.v2i2.128
Choirin, M., Arbi, D. S., Junaedi, J., & Setiawan, A. I. (2023). The Understanding of Muballigh Regarding Zakat Literacy: Empirical Evidence Based on The Zakat Literacy Index. Ilmu da'wah: Academic Journal for Homiletic Studies, 17(2), 325–348. https://doi.org/10.15575/idajhs.v17i2.31563
Choirin, M., Dwijayanto, A., Yumna, L., & Muaz, Y. A. (2024). Nurturing Moderate Islam: Strategic Da’wah Communication in The Digital Era for Generation Z. International Journal Ihya’ Ulum Al-Din, 26(1), 108–118. https://doi.org/10.21580/ihya.26.1.20008
Choirin, M., Saoqi, A. A. Y., Sopa, S., Abdul Kadir, F. A., Mokhtar, A. A. Bin, & Guleng, M. P. (2024). Developing a Conceptual Model for Da‘wah Literacy Index (DLI). Ulumuna, 28(1), 24–49. https://doi.org/10.20414/ujis.v28i1.773
Frissen, T., Ichau, E., Boghe, K., & D’Haenens, L. (2017). # Muslim ? Instagram, Visual Culture and the Mediatization of Muslim Religiosity. European Muslims and New Media. Leuven, September, 1–33. https://doi.org/10.1080/1369118X.2017.1290128
Hasanah, U., & Tawang, N. A. (2022). Da’wah Policy Controversy: A Case Study of Discourse on Standardization and Certification of Da’i in Indonesia. Ilmu da'wah: Academic Journal for Homiletic Studies, 16(1), 135–154. https://doi.org/10.15575/idajhs.v16i1.16531
Hazim, H., & Musdholifah, N. (2021). Mediatization of Islam: The Case of The Indonesian Muslims In Hungary. The Journal of Society and Media, 5(1), 42. https://doi.org/10.26740/jsm.v5n1.p42-57
Hjarvard, S. (2008). The mediatization of religion: A theory of the media as agents of religious change. Northern Lights: Film & Media Studies Yearbook, 6(1), 9–26. https://doi.org/10.1386/nl.6.1.9_1
Hjarvard, S. (2011). The mediatisation of religion: Theorising religion, media and social change. Culture and Religion, 12(2), 119–135. https://doi.org/10.1080/14755610.2011.579719
Hopizal, H., & Fahrurrazi, F. (2020). Umma Application: Digital Da’wah and the Young Generation in the Era of Disruption. Kawanua International Journal of Multicultural Studies, 1(2), 74–79. https://doi.org/10.30984/kijms.v1i2.11
Idris, M. A. (2022). Analisis Fenomenologis Pesan Da'wah Digital PCNU Pamekasan. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 1–26. https://doi.org/10.36420/ju.v8i1.5479
Lövheim, M. (2014). Mediatization and religion. In Mediatization of Communication (pp. 547–570). De Gruyter. https://doi.org/10.1515/9783110272215.547
Nashrillah, N., & Marzuki, D. I. (2021). Guidelines for Da’wah Bilhikmah of the Indonesian Ulema Council in Dealing with Hoaxes on Social Media. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 113–121. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1541
Nasution, F. A., Hardiyanto, S., Indainanto, Y. I., Thamrin, H., Purba, A. M., & Regif, S. Y. (2023). Congregational Morning Prayer Movement: A Political Movement or a Spiritual Movement? Pharos Journal of Theology, 104(3). https://doi.org/10.46222/pharosjot.104.326
Nurrohman, A. S., & Mujahidin, A. (2022). Strategi da'wah Digital dalam Meningkatkan Viewers di Channel Youtube Jeda Nulis. JUSMA: Jurnal Studi Islam Dan Masyarakat, 1(1), 20–32. https://doi.org/10.21154/jusma.v1i1.513
Octaviani, A. (2022). From Cafe to the Mosque: The Construction of da'wah Digital Communication of the Shift Community. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 21(2), 275–296. https://doi.org/10.21580/dms.2021.212.9429
Putra, D. I. A. (2022). Quran-Bible Validation In Contemporary Indonesia: Social Media, Religious Conversion, And Theological Debate. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 20(1), 111. https://doi.org/10.18592/khazanah.v20i1.5541
Rosidi, I. (2021). Da’wah and politics among Muslim preachers in contemporary Indonesia. Intellectual Discourse, 29(1), 35–52. https://journals.iium.edu.my/intdiscourse/index.php/id/article/view/1757
Sikumbang, A. T., Dalimunthe, M. A., Kholil, S., & Nasution, N. F. (2023). Digital Da’wah Indonesia Ulema in the Discourse of Theology. Pharos Journal of Theology, 105(1). https://doi.org/10.46222/pharosjot.1051
Sunaryanto, S., & Rofi Syamsuri, A. (2022). Semiotika da'wah Digital dalam Meme Ajakan Salat Jumat. KOMUNIDA : Media Komunikasi Dan da'wah, 12(2), 103–124. https://doi.org/10.35905/komunida.v12i2.2874
Toni, A. (2007). Penyampaian Pesan da'wah Melalui Film" Rindu Kami Pada-Mu" Karya Garin Nugroho. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18422/
Weng, H. W. (2018). On-Offline da'wah. In Mediatized Religion in Asia (pp. 89–104). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315170275-9
Zahraini, Z., Akib, A., Rosidin, R., & Sulaeman, O. (2025). Islamic Education Reform in the Digital Age: Challenges and Opportunities for a Modern Curriculum. Journal of Noesantara Islamic Studies, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.70177/jnis.v2i1.1841
DOI: https://doi.org/10.18860/eh.v27i1.33487
Editorial Office: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang | Phone: +6282333435641 |

