IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA JAWA (MATERI TEMBANG DOLANAN) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM KURIKULUM 2013

Prima Veronika, Budhi Setiawan, Nugraheni Eko Wardani

Abstract


The aim of this study is to determine the implementation of Javanese language learning (through dolanan song) based on religious character building in curriculum 2013. It employs qualitative research design with a single case study approach. The results showed that the learning of Javanese language (on dolanan song) can establish religious character building through a scientific approach. Its implementation may involve learning models such as role play, discovery learning and problem based learning. The steps of learning based on scientific approach include activities to observe, ask, gather information, associates, try and communicate.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Bahasa Jawa (materi tembang dolanan) berbasis pendidikan karakter religius dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Jawa (materi tembang dolanan) dapat menanamkan pendidikan karakter religius melalui pendekatan saintifik. Implementasinya dapat menggunakan model pembelajaran Role Playing, Discovery Learning dan Problem Based Learning. Adapun langkah-langkah pembelajaran berbasis pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mencoba, dan mengomunikasikan.


Keywords


Javanese Learning; Dolanan Song; Character Building Religious; Curriculum 2013

Full Text:

PDF

References


Arafik. 2013. Penanaman Nilai-Nilai Moral Melalui Tembang Dolanan Sebagai Alternatif Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Universitas Negeri Malang, ISSN: 2338432, Vol 1, No 2.

Atika, Surya. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air dan Disiplin) di SLB Al Ishlaah Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, Volume 3 Nomor 3 Halaman : 747-755.

Azzet, Akmad Muhaimin Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Brotosejati, Widodo. 2008. Macapat Teori dan Praktik. Semarang: UNNES Press.

Danandjaja, James. 2007. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Grafiti Press.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Inayati, Khafidlo Fahri Inayati dan Ahmad Sihabul Millah. 2016. Islamic Education and Multiple Intelligences Implementation in Traditional Game of Sluku-Sluku Bathok at Komunitas Pojok Budaya, Bantul of Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 5, Number 1, P-ISSN : 2301-9166; E-ISSN : 2356-3877.

Jauhari, Hari. 2010. Cara Memahami Nilai Religius dalam Karya Sastra. Bandung: Arfino Raya.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Keputusan Gubernur Jawa Tengah No: 423.5/27/2011

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nugrahani, Farida. 2012. Reaktualisasi Tembang Dolanan Jawa dalam Rangka Pembentukan Karakter Bangsa (Kajian Semiotik). Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra, Vol. 24, No. 1, Juni 2012: 58-68.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum.

Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: DIVA Press.

Purwadi. 2010. Diktat Seni Tembang I. Yogyakarta: FBS UNY.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2013. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samsuri. 2011. Pendidikan Karakter Warga Negara. Yogyakarta: Diandra

Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriadi, Didik. 2010. Transformasi Lelagon Dolanan Klasik ke Lelagon Dolanan Kreasi Baru. Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Uno, Hamzah B. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Vikiyono, Derit. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Konsep, Praktik, dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v19i1.3929

Editorial Office:
Humas, Dokumentasi dan Publikasi (INFOPUB)
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Gedung Rectorate 4th floor
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el-Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang