Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia di Era Reformasi

Salim Al Idrus

Abstract


Since the mid-1977, the situation of economy in Indonesia got a heavy shock due to the long crisis. Conglomerates that are expected as a development machine and Indonesian economic growth have failed. The position and the role of SME (Small to Medium Enterprise) during crisis gave a new hope for the bright future of Indonesian economic. A fact shows that during the time of economic crisis, SME earned much more than the big enterprises (conglomerate). In detail, this article will present the roles of SME (UKM, Ind.) and its development since 1900s for the growth of economy. The attempts of Indonesian government to empower the growth of SME is also discussed.

 

Sejak pertengahan tahun 1977, situasi perekonomian Indonesia mengalami goncangan keras karena dilanda krisis yang berkepanjangan. Konglomerat yang diharapkan sebagai mesin pembangunan dan pertambahan ekonomi Indonesia telah mengalami kegagalan. Kedudukan dan peran UKM (Usaha Kecil dan Menengah) selama krisis telah memberikan harapan baru untuk masa depan ekonomi Indonesia yang lebih cerah. Fakta menunjukkan bahwa selama krisis ekonomi panjang, UKM menghasilkan untung lebih banyak disbanding usaha skala besar (konglomerat). Artikel ini akan menjelaskan dengan detil peran-peran UKM dan perkembangannya sejak tahun 1900-an untuk pertumbuhan ekonomi. Usaha-usaha pemerintah Indonesia untuk memberdayakan pertumbuhan UKM juga dipaparkan.


Keywords


enterprise; reformation

Full Text:

PDF

References


Faisàl, B. 2002. Perekonomian Indonesia: Tantangan dan Harapan Bagi Kebangkitan Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Krisnamurthi, B. 2003. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah: Ekonomi Rakyat dengan Cara Berekonomi Mereka Sendiri. Makalah disajikan dalam Konggres ISE Ke XV, Malang 13-5 Juli.

Kartasasmita, G. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: Pustaka Cisindo.

Muhammad, F. 1992. Peranan Sumberdaya Manusia Dunia Usaha. Yogyakarta: UGM Press.

Sutrisno, N. 2003. Kewirausahaan dalam Pengembangan UKM di Indonesia. Makalah Disajikan dalam Konggres ESEI KE XV, Malang, 13-15 Juli.

Tulus, T. 2003. Prospek UKM Indonesia di dalam Era Perdagangan Bebas dan Globalisasi Ekonomi Dunia. Makalah Disajikan dalam Konggres ISEI Ke XV, Malang 13-15 Juli.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v7i2.4660

Editorial Office:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang