Integration of Walisongo’s Da’wah Spirit with Science in Indonesian National Qualification Framework Based Curriculum

Agus Zaenul Fitri, Muntahibun Nafis, Fathul Mujib

Abstract


This research aims to explain the views of policymakers, the concept of integration in scientific development, and the strategy of integrating da’wah spirit of Walisongo with science in the Indonesian National Qualification Frameworks (KKNI) based curriculum. The results of this study indicate that: (1) stakeholders states that spirit of Walisongo’s dakwah has been used as values in science development by some academics, although it has not been fully understood because some academics still see it as a myth. The spirit of institutional management should match with the institution name itself, otherwise, there will be management error; (2) the concept of integration in KKNI-based curriculum in three institutions has similarities in general. However, there are distinctive characteristics in developing scientific knowledge based on the vision and core values of each institution; (3) the strategy of integrating the spirit of Walisongo is reflected in evaluating aspects: (a) institutions, by building interconnections, tag line or owner’s quote, piety bureaucracy (clean and clear), (b) human resources development, and (c) academic integration through Islamic subject with science and technology, halal laboratories, and Islamic law.


Penelitian ini bertujuan menjelaskan pandangan pengambil kebijakan, konsep integrasi dalam pengembangan ilmiah, dan strategi mengintegrasikan semangat dakwah Walisongo dengan ilmu pengetahuan dalam kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pemangku kepentingan berpendapat bahwa semangat dakwah Walisongo telah digunakan sebagai nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan beberapa akademisi, tetapi belum sepenuhnya dipahami karena masih ada beberapa warga akademik yang menganggapnya sebagai mitos. Semangat manajemen kelembagaan harus sesuai dengan nama lembaga tersebut, jika tidak maka ada kesalahan manajemen, (2) konsep integrasi dalam kurikulum berbasis KKNI di tiga lembaga memiliki kesamaan pada umumnya tetapi memiliki karakteristik khusus dalam mengembangkan pengetahuan ilmiah berdasarkan visi dan nilai-nilai inti lembaga. (3) Strategi memadukan semangat Walisongo tercermin dari mengevaluasi aspek-aspek yaitu: a) institusi dengan cara membangun interkoneksi, slogan atau falsafah pendirinya, birokrasi kesalehan (bersih dan jelas), b) pengembangan sumber daya manusia, dan c) integrasi akademik melalui mata pelajaran Islam dengan sains dan teknologi, laboratorium halal, dan hukum Islam.


Keywords


da’wah; integration; walisongo

Full Text:

PDF

References


Al-Jazairy, Sheikh Thohir Ibn Sholih. nd. Jawahirul Kalamiyah. Multazam.

Aminuddin, Lutfi Hadi. 2010. Integrasi Ilmu dan Agama: Studi atas Paradigma Integratif Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kodifikasia, 4 (1), 1-34.

Arif, Masykur. 2013. Sejarah Lengkap Wali Sanga: Dari Masa Kecil, Dewasa, hingga Akhir Hayatnya. Yogyakarta: DIPTA.

As, Muhammad Syamsu. 1996. Ulama Pembawa Islam di Indonesia. Jakarta: Lentera.

Audah, Ali et.al. 1993. Islam dan Kebudayaan Indonesia: Dulu, Kini, dan Esok. Jakarta: Yayasan Festival Istiqlal.

Bagir, Zainal Abidin. 2005. Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Bandung: Mizan Pustaka.

Haryanto, Joko Tri. 2003. IAIN Walisongo Mengeja Tradisi Merajut Masa Depan. Semarang: Pustakindo Pratama.

Hatmansyah. 2015. Strategi dan Metode Dakwah Walisongo. Jurnal Al Hiwar, 3 (5), 10-17.

Hayat. 2014. Integrasi Agama dan Umum melalui Mata Kuliah PAI di Perguruan Tinggi. Jurnal Insania, 19 (2), 254-272.

Hernawan, Wawan. 2012. Tracing Walisongo's Traces and Heritage. Journal of Insight, 35 (1), 88-98.

Jalil, Maman Abdul. 2012. Walisongo. Bandung: Pustaka Setia.

Jono, Ali Akbar. 2016. Studi Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di LPTK se-kota Bengkulu. Manhaj, 4 (1), 57-68.

Mawardi, Hasan. 2016. Globalisasi dan Kurikulum Berbasis KKNI. Jurnal Safina, 1(2), 1-10.

Muhaimin, 2016. Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan Islam Kontemporer. Malang: UIN Maliki Press.

Muryani, Sri et. al. 2012. Identifikasi Kemampuan Mengembangkan Kurikulum dalam Implementasi KTSP di Kalangan Guru SMK-BM di Kota Salatiga. Jurnal Satya Widya, 29 (2), 178-186.

Pokja Akademik, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2006. Kerangka Dasar Keilmuan dan Pengembangan Kurikulum. Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Saifullah. 2010. Sejarah dan Kebudayaan Islam di Asia Tenggara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salam, Solichin. 1960. Sekitar Walisongo. Kudus: Menara.

Soekandar, Ch. 1990. Qosim Sunan Drajat: Amanah dan Sejarahnya. Surabaya: Sinar Wijaya.

Sofwan, Ridin et al,. 2004. Islamization ofJava,Yogjakarta: Library Learning.

Sulistiono, Budi. 2014. Walisongo dalam Pentas Sejarah Nusantara. Paper presented in Kajian Walisongo. Surabaya: Universitas Teknologi Mara Sarawak. 26-31 Mei.

Sunarjo, RH Unang. 1983. Reviewing Stage glance Kingdom Government History 1479-1809 Cirebon. Bandung: Tarsito.

Sunyoto, Agus. 2017. Atlas Wali Songo: Buku Pertama yang Mengungkap Wali Songo sebagai Fakta Sejarah. Tangerang Selatan: Pustaka Ilman.

Suparlan, YB. 1991. Kamus Indonesia-Kawi. Yogyakarta: Kanisius.

Suprayogo, Imam. 2008.Perubahan Pendidikan Tinggi Islam: Refleksi Perubahan IAIN/STAIN Menjadi UIN. Malang: UIN Maliki Press.

Sutrisno, Budiono Hadi. 2010. Sejarah Walisongo: Misi Pengislaman di Tanah Jawa. Yogyakarta: Graha Pustaka.

Syafrizal, Achmad. 2015. Sejarah Islam Nusantara. Islamuna, 2 (2), 254-266.

Syam, Nur. 2005. Islam Pesisir. Yogyakarta: LKiS.

Tim Kurikulum & Pembelajaran, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Buku Pengenalan Budaya Akademik UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. Yogyakarta: SUKA-Press.

Widiyatmiko. n.d. Sejarah Walisongo, accessed from www.widiyatmiko.staff.gunadarma.ac. id. September 9, 2017.

Wijaya, Aksin. 2015. Menusantarakan Islam: Menelusuri Jejak Pergumulan Islam yang Tak Kunjung Usai di Nusantara. Yogyakarta: Nadi Pustaka.

Zuhri, Saifuddin. 1981. Sejarah Kebangkitan Islam dan Perkembangannya di Indonesia. Bandung: al Ma'rif.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v21i1.5926

Editorial Office:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang