Muslimah’s Clothing Brand, Identity, and Myths in Barthes Semiotic Study

Sri Rijati Wardiani

Abstract


This study discusses the phenomenon of the proliferation of Muslimah clothing products along with the wave of ‘Hijrah’ movement in Indonesia. Muslimah clothing is displayed with a variety of brands which are related to certain classes and identities. Muslimah clothing also contains myths in the context of Barthes. The purpose of this study is to reveal the relationships between these variables. The study employed a qualitative description method with Barthes’s semiotic theory through the stages of denotation and connotation analysis. The results of the study indicate the relationship between brand and consumer identity. Muslimah clothing is a marker (acoustic image), and as the symbols (concepts) are “clothing and accessories used by Muslim women.” The relationship (sign) between markers and symbols, in this case, is a religious relationship.


Penelitian ini mendiskusikan fenomena maraknya produk busana muslimah seiring dengan gelombang gerakan ‘hijrah’ di Indonesia. Busana muslimah ditampilkan dengan beragam brand yang bila dikaji terkait dengan kelas dan identitas tertentu. Di dalam busana muslimah juga terkandung mitos dalam konteks Barthes. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap relasi di antara variabel-variabel tersebut. Kajian menggunakan metode deskripsi-kualitatif dengan teori semiotika Barthes melalui tahapan analisis denotasi dan konotasi. Hasil penelitian menunjukkan keterkaitan antara brand dan identitas konsumen. Busana muslimah adalah penanda (gambaran akustik),sedangkan yang menjadi petanda (konsep) adalah ‘busana dan kelengkapannya yang digunakan oleh perempuan beragama Islam’. Hubungan (tanda) di antara penanda dan petanda dalam hal ini adalah relasi keagamaan.


Keywords


Barthes semiotics; brand; identity; Muslim fashion; myth

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

AyangUyang. 2013. (Begini seharusnya) Hijaber. https://ayanguyang.wordpress.com/2013/04/26/begini-seharusnya-hijaber/ 6 January 2019

Barker, C. 2005. Cultural Studies Teori dan Praktik. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Barthes, R. 1957. Mythologies. Paris: Editions du Seuil.

Barthes, R. 1983. Fashion System. New York: Hill & Wang.

Brenner, S. 1996. Reconstructing Self and Society: Javanese Muslim Women and 'The Veil'. American Ethnologist, 23.

Data, K. 2016. Indonesia, Negara Berpenduduk Muslim Terbesar Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2016/11/11/indonesia-negara-berpenduduk-muslim-terbesar-dunia

Endah. 2014. Istilah Jilboobs Penghinaan bagi Perempuan Berhijab. https://katarik.com/2014/08/09/istilah-jilboobs-penghinaan-bagi-perempuan-berjilbab/ 6 January 2019

Fauzi, A. 2016. Pakaian Wanita Muslimah Dalam Perspektif Hukum Islam. Iqtishodia, 1(1), 41-58.

Febrina, Y. 2014. Fenomena Gaya Busana Muslimah Kekinian: Studi Kasus Komunitas Hijabers Kota Bengkulu. (Skripsi), Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Hamidah & Syadzali, A. 2016. Analisis Semiotika Roland Barthes tentang Fenomena Jilboobs. Studia Insania, 117-126.

Haromaini, N. 2013. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa. Commonline Departemen Komunikasi, 3(3), 595-607.

Istiqomah, N. 2016. Mengungkap Mitos Simbol Halal dalam Iklan Kerudung Zoya di Instagram. (S1), Universitas Diponegoro, Semarang. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/187895-ID-none.pdf

Janti, N. 2018. Menyelami Sejarah Busana Muslim. Historia. https://historia.id/budaya/articles/menyelami-sejarah-busana-muslim-P3qo7

Maftuhin, A. 2011. Menyingkap Struktur Makna Pakaian Arab: Review Buku Arab dress: from the dawn of Islam to modern times Karya Yedida Kalfon Stillman. Musãwa, 10(1).

Model Baju Gamis Terbaru. Baju Muslim Remaja. https://gamismodelbaru.com/baju-muslim-remaja-950/.5 January 2019

Muzakki, A. 2007. Kontribusi Semiotika dalam Memahami Bahasa Agama. Malang: UIN Malang Press.

Pambudy, N. 2000. Gaya Hidup Suka Mengonsumsi dan Meniru: Beranikah Berinovasi? . Prisma, 31(1), 14-27.

Priherdityo, E. 2016. Kreasi Busana Syar’i dengan Bubuhan Swarovski Si. Se. Sa. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160211124327-277-110318/kreasi-busana-syari-dengan-bubuhan-swarovski-sisesa

Rollick, A. 2017. 10 Merk Jilbab Ternama di Indonesia. Jurnal Bumi. https://jurnalbumi.com/merek-jilbab-ternama-di-indonesia/

Ruhak, Steve. 2015. Model Baju Busana Muslim Tradisional. http://www.hijabusanamuslim.com/2015/10/model-baju-busana-muslim-tradisional.html. 4 January 2019

Sari, S. 2017. Komodifikasi Khimar: Lunturnya Batas-batas. In W. Lestari Manggong (Ed.), Gender dan Representasi (pp. 73-83). Medan: Obelia Publisher.

Satoto, S. 1992. Metode Penelitian Sastra II (BPK). Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Siauw, F. 2013. Yuk Berhijab. Jakarta: Mizania.

STNRSYFK. Bertudung tidak bertudung telanjang. https://twitter.com/fikaceyka. 4 January 2019

Sunyoto, D. 2012. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Wijayanti, R. 2017. Jilbab Sebagai Etika Busana Muslimah dalam Perspektif Al-Qur’an. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 12(2), 151-170.

Zaimar, O. K. S. 2014. Semiotika dalam Analisis Karya Sastra. Depok: Komodo Books.

Zoest, A. V. 1993. Semiotika: Tentang Tanda, Cara Kerjanya dan Apa yang Kita Lakukan Dengannya. Jakarta: Yayasan Sumber Agung.




DOI: https://doi.org/10.18860/el.v21i1.6188

Editorial Office:
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana No.50, Malang, Indonesia 65144
This work is licensed under a CC-BY-NC-SA.
el Harakah, ISSN : 1858-4357 | e-ISSN : 2356-1734
Phone : +6282333435641
Fax : (0341) 572533
Email : elharakah@uin-malang.ac.id
elharakahjurnal@gmail.com
Website : http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/infopub
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang