IMPLEMENTASI PERENCANAAN STRATEGIS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK AL-FALAH MOGA KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Tujuan penelitian ini menganalisis proses penyusunan perencanaan strategis, menganalis strategi implementasi perencanaan strategis, menganalisis evaluasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan di SMK Al-Falah Moga Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Al-Falah Moga Pemalang menerapkan beberapa langkah yaitu; merumuskan visi, misi, dan tujuan sekolah; membentuk satgas penyusun perencanaan strategis; proses perumusan; dan penetapan perencanaan strategis tersebut. 2) strategi implementasi perencanaan strategis dengan 2 cara yaitu; melibatkan stakeholder; dan memaksimalkan sumberdaya yang dimiliki. 3) evaluasi perencanaan strategis terhadap mutu pendidikan melalui evaluasi internal dan eksternal. Dan evaluasi program menggunakan model CIPP (context, input, process and product).
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v7i2.10949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Journal of Islamic Education
INDEXING BY