Menantang Disintegrasi Moral di Era Revolusi Industri 4.0 : Peran Revolusioner Pondok Pesantren
Abstract
Jurnal ini membahas tantangan disintegrasi moral di era Revolusi Industri 4.0 dan peran revolusioner pondok pesantren dalam menghadapinya. Dalam era yang semakin digital ini, perkembangan teknologi seperti internet dan media sosial telah memberikan dampak luas terhadap kehidupan manusia, namun juga menimbulkan tantangan baru terkait integritas moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena ini dan peran penting yang dimainkan oleh pondok pesantren dalam menghadapi tantangan tersebut. Melalui pencarian literatur yang dilakukan melalui basis data akademik dan perpustakaan digital yang relevan, penelitian ini mengidentifikasi artikel, buku, makalah konferensi, dan sumber-sumber lain yang relevan dengan kata kunci seperti "disintegrasi moral," "Revolusi Industri 4.0," dan "peran pondok pesantren." Artikel-artikel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi diteliti secara menyeluruh untuk mengidentifikasi temuan-temuan utama yang berkaitan dengan tantangan disintegrasi moral di era Revolusi Industri 4.0 dan peran revolusioner pondok pesantren dalam menghadapinya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam dan solusi inovatif bagi pondok pesantren dalam memperkuat moralitas dan menghadapi tantangan yang dihadapi oleh generasi muda dalam era yang semakin digital ini. Dengan demikian, penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga integritas moral masyarakat dan mewujudkan peradaban yang berkelanjutan di era Revolusi Industri 4.0.
Full Text:
PDFReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.
Alfurqan, A. (2019). PERKEMBANGAN PESANTREN DARI MASA KE MASA. Hadharah: Jurnal Keislaman Dan Peradaban, 13(1).
AM, A. B., & Suhaimi, S. (2022). Peran Pesantren Makrifatul Ilmi dalam Moderasi Beragama pada Generasi Millenial. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 23(1), 1–20.
Athoillah, M. A., & Wulan, E. R. (2019). Transformasi Model Pendidikan Pondok Pesantren di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Nasional, 2, 25–36.
Badrianzah, N. (2019). Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Ma’rifah Poncogati Bondowoso.
Bimantoro, A., Pramesti, W. A., Bakti, S. W., Samudra, M. A., & Amrozi, Y. (2021). Paradoks etika pemanfaatan teknologi informasi di era 5.0. Jurnal Teknologi Informasi, 7(1), 58–68.
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Djazilam, M. S. (2019). Relevansi sistem pendidikan pesantren tradisional dalam era modernisasi. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 89–105.
Fadhilah, A. (2011). Struktur dan Pola kepemimpinan kyai dalam pesantren di Jawa. Hunafa: Jurnal Studia Islamika, 8(1), 101–120.
Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).
Hajjaj, W. A. (2020). Integrasi kurikulum pesantren Ke Dalam Lembaga Pendidikan Formal.
Juditha, C. (n.d.). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya Hoax Communication Interactivity in Social Media and Anticipation. 3(1).
Krisdiyanto, G., Muflikha, M., Sahara, E. E., & Mahfud, C. (2019). Sistem Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 11–21.
Mat, S. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam Mengurangi Angka Buta Aksara Fungsional (Studi Kasus di PP. Nurul Hidayah Desa Jrengik Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.
Maulana Edwar, T. (2022). Implikasi metode dakwah pondok pesantren dalam membentuk karakter santri di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Pada Pondok Pesantren Khusus Al-Halimy Sesela Gunungsari Lombok Barat).
Nurpatria, B., & Ras, A. R. (2022). UU ITE: Kebebasan Berpendapat, Informasi Hoax terhadap Ancaman Stabilitas Ketahanan Nasional. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10220–10229.
Palinggi, S., & Ridwany, I. (2020). Peran Nilai-Nilai Moral Pancasila dalam Kemajuan Teknologi di Era Milenium. Pendidikan Bela Negara, 48, 53.
Parhan, M., Elvina, S. P., Rachmawati, D. S., & Rachmadiani, A. (2022). Tantangan Mendidik Generasi Muslim Milenial Di Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Menciptakan Lingkungan Pendidikan Islam Modern. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 171–192.
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan karakter di sekolah dasar mencegah degradasi moral di era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142–152.
Ramadhan, J. (2019). Upaya Pengurus Pondok Pesantren Terhadap Penanaman Nilainilai Pendidikan Multikultural Dipondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung Selatan.
Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren Dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30.
Sadali, S. (2020). Eksistensi Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Islam. Atta’dib Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 53–70.
Samsudin, S. (2020). Tantangan Lembaga Pendidikan Pesantren di Era Disrupsi. 221–230.
Saparudin, H. (2018). Kontribusi Pesantren dalam Mendukung Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter. I’TIBAR: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 6(11), 101–118.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: Mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Suherman, N. (2022). Perubahan Sosial Masyarakat Urban.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
Ulfah, M. (2020). DIGITAL PARENTING: Bagaimana Orang Tua Melindungi Anak-anak dari Bahaya Digital? Edu Publisher.
DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22805
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education
INDEXING BY