IMPLEMENTASI ADOPSI CAMBRIDGE CURRICULUM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ina Mutmainnah, Ahmad Fatah Yasin, Wahyu Henky Irawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi Cambridge Curriculum dan analisis peningkatan kompetensi siswa ditinjau dari tiga aspek yaitu peningkatan afektif, kognitif, psikomotorik. Pendekatan kualitatif studi kasus sebagai jenis penelitian. Teknik pengumpulan berupa wawancara, observasi dan study dokumentasi. Dianalisis menggunakan president observation dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bawah implementasi adopsi Cambridge Curriculum di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang meliputi tiga tahap 1) perencanaan melibatkan P2LP UM, Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah, guru Cambridge bersertifikat. Kewajiban guru memetakan kompetensi dasar dari framework dan membuat Lesson Plan, b) pelaksanaan fokus 3 mata pelajaran math, science, english dengan 3JP (kelas 1-3) dan 4JP (kelas 4-6) dengan sistem full day, pembelajaran didukung dari guru profesional, berbahasa Inggris, textbook, pembelajaran active learning, dan didukung kegiatan diluar kelas. Ketuntasan Kriteria Minimum cambridge yaitu 80, jika dibawah KKM akan remedial dan jika memiliki kemampuan diatas rata-rata diadakan pengayaan, c) evaluasi dimulai dari input siswa mampu belajar tuntas, penggunaan strategi student center, metode lebih dari satu, dan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa, evaluasi hasil belajar kelas I-V melalui check progression test dan kelas VI berupa checkpoint dibuktikan dengan sertifikat kelulusan. Pendalaman materi cambridge dengan penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester. Dampak implementasi berupa peningkatan kompetensi siswa diantaranya a) kompetensi afektif, siswa memahami bahasa asing, menghargai orang lain, percaya diri, peduli kepada sesama, mandiri dan kerjasama, b) kognitif, mengingat memori jangka panjang, membuat contoh, menerapkan prosedur, menentukan fungsi struktur, menganalisis kesalahan, c) psikomotorik, memanfaatkan teknologi, berprestasi di luar kelas, semangat mengikuti aktivitas fisik.


References


Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran, Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Amri, S. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Prestasi Pusaka.

Ayu linda, A. I. dan A. S. (2015). Manajemen Pembelajaran Workbook dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge di SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang.

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. PT Rajagrafindo Persada.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Rentang Kehidupan. Erlangga.

Kadir, A. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) dam Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Raja Grafindo Persada.

Laili, D. R., & Soedjarwo. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE PADA SISTEM PEMBELAJARAN DI MI MUSLIMAT NU PUCANG SIDOARJO Dwi Rojabiyati Laili. Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.

M Elizabeth. (2014). Implementasi Kurikulum Internasional Cambridge dan Dampaknya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran Biologi : Studi Kasus di Saint John’s Catholic School Semarang. Negeri Semarang.

Muhamad Zamroni. (n.d.). Manajemen International Class Program (ICP).

Nasional, D. P. (2007). Panduan Final Kurikulum SBI. Depdiknas.

Novitasari, N., Nabila, C., & Fratiwi, W. H. (2020). Analisis Kendala Guru Dalam Menerapkan K13 Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN Pengadungan 8 Petang. Pendidikan Dan Sains, 2(April), 1–15.

Permendikbud. (2016). 22.

Putra, A. (2017). Mengkaji & Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Firlandia). Perbandingan Kurikulum Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Samawa, Sumbawa Besar, 21.

Putri, D. O., Sholihin, H., & Setiabudi, A. (2013). Adaptasi Kurikulum Cambridge IGCSE Co-Ordinated Sciences Terhadap KTSP pada Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Koloid di RSBI. Riset Dan Praktik Pendidikan Kimia I.I, 247.

Sari, D. P. (2020). Penerapan Manajemen Program Kelas Bilingual Cambridge Primary Curriculum Framework. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 419. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6785

Solekhul Amin. (2013). Tinjauan keunggulan dan kelemahan penerapan kurikulum 2013 tingkat sd/mi. Al-Bidayah, 5(2), 261–279.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2019). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.

Sugihartono. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. UNY Press.

Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional. Alfabeta.

Suharsimi, A., & Yuliana, L. (2008). Manajemen Pendidikan. Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sukmadinata, N. S. (2004). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Rosda.

Sukmadinata, N. S. (2005). Landasan Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Supardi, A. (n.d.). Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Retrieved November 1, 2021, from http://abusalma.net/2020/10/25/shahihkah-didiklah-anakmu-sesuai-zamannya-karena-mereka-hidup-bukan-di-zamanmu/

Sutikno, P. F. dan S. (2009). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Refika Aditama.

UCLES. (2020). Cambridge Assessment International Education. http://www.cambridgeinternational.org/sitemap/

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

W.Creswell, J. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Tradition. SAGE Publications.

Widiasworo, E. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa di Luar Kelas (Outdoor Learning) Secara Aktif, Kreatif, Inspiratif dan Komunikatif. Ar-Ruzz Media.

Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah. Pustaka Pelajar.

Winkel, W. S. (n.d.). Psikologi Pengajaran.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Persada Press.

Yulaelawati, E. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Filosofi teori dan Aplikasi. Pakar Raya Pustaka.

Yulianik, A. (n.d.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaksanaan Kurikulum Cambridge pada 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Tulungagung, Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Vol 6 No 3 (2018), 8.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: