Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi

Difa Zalsabella P, Eka Ulfatul C, Moh Kamal

Abstract


Jurnal ini menjelaskan tentang pentingnya pendidikan agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter dan moral anak di masa pandemi. Selama masa pandemi, kegiatan pembelajaran tatap muka di sekolah dialihkan menjadi pembelajaran daring, tidak terkecuali dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini menyebabkan kurang efektif nya pengamatan guru terhadap nilai karakter dan moral anak, sehingga nilai karakter dan moral anak menurun. Disisi lain, pentingnya Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nilai karakter dan moral anak. Karena Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu pilar terpenting pendidikan karakter dan moral. Pendidikan karakter akan berkembang dengan baik jika dilakukan dari jiwa keagamaan yang mendarah daging pada anak. Oleh karena itu, materi Pendidikan Agama Islam di sekolah menjadi salah satu sarana pendidikan karakter. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa belajar aqidah sebagai dasar agama, mengajarkan Al-Qur'an dan hadits sebagai pedoman hidupnya, mengajarkan fiqh sebagai tanda legitimasi dalam beribadah, mengajarkan ajaran sejarah Islam sebagai teladan hidup dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman hidup rakyat perilaku yang benar atau salah. Oleh karena itu, tujuan utama pembelajaran PAI adalah membentuk kepribadian siswa yang tercermin dari perilaku dan keadaan mentalnya dalam kehidupan sehari-hari


Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (n.d.). Kajian Teori.

Azis, S. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi Orang Tua dalam Mendidik Anak. 12–28.

Efendy, R., Pendidikan, P., Islam, A., & Tarbiyah, F. (2018). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUSITAS SISWA. 1, 29–34.

Jailani, A., Rochman, C., & Nurmila, N. (2019). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER JUJUR PADA SISWA. 10(2), 257–264.

Marani, L., Budiarti, R. S., & Yelianti, U. (2017). ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER SISWA DALAM PRAKTIKUM PEMANFAATAN LIMBAH DI KELAS XI JURUSAN AGRIBISNIS PEMBIBITAN KULTUR JARINGAN DI SMKN 8 MUARO JAMBI.

Salsabila, U. H., Riyadi, D. S., Farhani, U. A., & Arrozaq, M. R. (2021). PEMBELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19. 3, 489–499.

Shodiq, S. F. (2018). REVIVAL TUJUAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. 02(02), 216–225.

Somad, M. A. (2021). PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK. 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882

Suhaedi, M. (2016). Konsep pendidikan karakter dalam perspektif al- qur’an surat lukman (Issue 14770034).

Trisusanti, R., & Diantoro, F. (2021). Perkembangan dan Tantangan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia Era Pandemi COVID-19. 5(2), 50–65.

Umar, M., & Ismail, F. (2020). Buku Ajar PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( Konsep Dasar bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum) (R. N. Briliant & N. Falahia (eds.); 1st ed.). CV. Pena Persada.




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: