Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Map Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Pakis Malang

Muhamad Faizul Fuad, Esa Nur Wahyuni, M. Zubad Nurul Yaqin

Abstract


Pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis mind map untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VI MI Al Fatah Pakis Malang ini berdasarkan: 1) rendahnya keterampilan menulis teks eksplanasi siswa, 2) kesulitan siswa dalam menemukan dan mengorganisir ide menjadi karya tulis, dan 3) kelemahan pada aspek bahan ajar, sehingga dibutuhkan adanya bahan ajar yang memenuhi kriteria keberterimaan yang mampu meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan bahan ajar berbasis mind map berupa LKS untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VI MI Al Fatah, Kecamatan Pakis, 2) mendeskripsikan tingkat akseptabilitas bahan ajar berdasarkan: a) kelayakan bahan ajar pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikaan, b) efektifitas bahan ajar berbasis mind map untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VI MI Al Fatah, Kecamatan Pakis. Pengembangan LKS ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi tiga tahap pengembangan, yaitu 1) tahap pra pengembangan, 2) tahap pengembangan, dan 3) tahap pasca pengembangan. Secara umum LKS ini melalui tahap desain, validasi desain, perbaikan desain, uji ahli, uji kelompok kecil, dan uji kelompok terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mind map mampu membuat cara berfikir siswa lebih terstruktur. Siswa mampu mengembangkan dan mengorganisir ide sehingga dalam menulis teks eksplanasi rancangan karya tulis yang dibuat siswa lebih terorganisir dengan baik dan sesuai dengan struktur teks eksplanasi yang benar. LKS yang dihasilkan telah memenuhi kriteria akseptabilitas/keberterimaan. Hal ini ditandai dengan: 1) tingkat kelayakan yang tinggi (sangat layak) dengan rata-rata persentase skor uji ahli 89% dan uji kelompok kecil (guru) juga 92% pada aspek kelayakan isi, sajian, kebahasaan, dan kegrafikaan, 2) LKS yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam hal menulis teks eksplanasi dengan gain = 0,5 (sedang), 3) respon semua siswa terhadap LKS ini sudah baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia