Tipologi Komunikasi Edukatif Guru Terhadap Siswa Berbasis Qaulan (Studi Multisitus Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo Dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid)

Fitriyatul Hasanah, Muhammad Munif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi edukatif guru dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dan tipologi apa saja yang digunakan guru dan siswa dalam menciptakan komunikasi edukatif dengan berdasarkan enam qaulan yang terdapat di dalam Al-Qur’an serta bagaimana implikasi terciptanya komunikasi edukatif berbasis qaulan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multisitus. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul. Penelitian ini melalui Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan tipologi komunikasi edukatif guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo meliputi qaulan maisura, qaulan karima dan qaulan layyina. Sedangkan tipe komunikasi edukatif guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid meliputi qaulan maisura, qaulan ma’rufa dan qaulan baligha. Penerapan qaulan tersebut dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran dan memudahkan guru memahami karakter siswa sehingga guru bisa turut memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: