Tipologi Komunikasi Edukatif Guru Terhadap Siswa Berbasis Qaulan (Studi Multisitus Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo Dan Madrasah Aliyah Nurul Jadid)

Fitriyatul Hasanah, Muhammad Munif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi edukatif guru dan siswa di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid dan tipologi apa saja yang digunakan guru dan siswa dalam menciptakan komunikasi edukatif dengan berdasarkan enam qaulan yang terdapat di dalam Al-Qur’an serta bagaimana implikasi terciptanya komunikasi edukatif berbasis qaulan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan penelitian multisitus. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo dan di Madrasah Aliyah Nurul. Penelitian ini melalui Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan tipologi komunikasi edukatif guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Negeri I Probolinggo meliputi qaulan maisura, qaulan karima dan qaulan layyina. Sedangkan tipe komunikasi edukatif guru dan siswa berbasis qaulan yang diterapkan di Madrasah Aliyah Nurul Jadid meliputi qaulan maisura, qaulan ma’rufa dan qaulan baligha. Penerapan qaulan tersebut dapat mempermudah siswa memahami materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran dan memudahkan guru memahami karakter siswa sehingga guru bisa turut memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi siswa.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v9i2.23100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal of Islamic Education

INDEXING BY

         

 

Journal of Islamic Education (JiE) Journal
Published by:  Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, ISSN  2548-2998 (online)
Contact Us: Jl. Raya Ir. Soekarno No. 34 Dadaprejo, Pendem, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Indonesia