Harmonisasi Agama dan Kemajuan: Manfaat Integrasi Keilmuan Islam dalam Era Kontemporer

Muhammad Najihul Huda, Khoirul Huda

Abstract


Integrasi keilmuan Islam di era modern memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan kompleks zaman sekarang. Ini melibatkan penyatuan nilai-nilai agama dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga memungkinkan penyelesaian dilema etis yang muncul akibat perkembangan teknologi. Dalam konteks ini, pentingnya kerja sama antara para ulama, akademisi, dan pemikir Muslim dari berbagai belahan dunia juga dipertimbangkan.

Metode studi pustaka yang terstruktur dan sistematis digunakan untuk mengeksplorasi peran integrasi keilmuan Islam dalam konteks era kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang manfaat integrasi keilmuan Islam, termasuk pemetaan isu-isu utama yang perlu diperhatikan. Dengan demikian, artikel ini menekankan perlunya memastikan keterhubungan antara nilai-nilai agama dengan perkembangan ilmiah dan teknologi agar dapat menangani tantangan etis yang muncul di era modern.

Secara keseluruhan, integrasi keilmuan Islam menjadi kunci untuk memastikan relevansi dan adaptasi ajaran agama dengan tuntutan zaman yang terus berkembang. Dengan mempertimbangkan peran pentingnya kolaborasi global dan pemahaman yang inklusif, dapat dijamin bahwa nilai-nilai agama tetap menjadi pedoman moral yang relevan dalam menghadapi perubahan sosial dan teknologi.

Keywords


Harmoni Kemajuan, Integrasi Keillmuan, Era Kontemporer

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. A. (2006). Islamic studies di perguruan tinggi: Pendekatan integratif-interkonektif. Pustaka Pelajar.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

AM, A. B., & Suhaimi, S. (2022). Peran Pesantren Makrifatul Ilmi dalam Moderasi Beragama pada Generasi Millenial. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, Dan Fenomena Agama, 23(1), 1–20.

Amirudin, A., & Maisarah, M. M. (2020). Karakteristik Kajian Islam Kontemporer: Dialektika Barat dan Timur. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(1), 18–38. https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i1.29

Arifudin, I. (2016). Integrasi Sains dan Agama serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Edukasia Islamika, 161–180.

Asmara, A. D., Gultom, A., Salam, R., & Handayani, N. (2022). PENERAPAN NILAI-NILAI ISLAM DALAM GOOD GOVERNANCE DI INDONESIA. Jurnal Mediasosian : Jurnal Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 6(2), 259. https://doi.org/10.30737/mediasosian.v6i2.3163

Burhanudin, N. (2018). Konsep Pencegahan Paham Radikal Di Sekolah Melalui Metode Problem Based Learning Dalam Perspektif Al-Qur’an.

Dalimunthe, D. S. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam: Memperkuat Nilai-nilai Spiritual, Etika, dan Pemahaman Keislaman dalam Konteks Modern. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 75–96.

Dr M. Hadi Purnomo. (2020). Pendidikan Islam: Integrasi Nilai-Nilai Humanis, Liberasi dan Transendensi Sebuah Gagasan Paradigma Baru Pendidikan Islam. Absolute Media.

Hajam Hajam, T. S. (2023). Urgensi Metodologi Studi Islam Interdisipliner Untuk Moderasi Islam | An-Nawa: Jurnal Studi Islam. Retrieved July 2, 2023, from http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/annawa/article/view/579

Hanifatulloh, B. A. A. Y. (2021). Moderasi Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(2), 137. https://doi.org/10.36667/tf.v14i2.529

Hanifiyah, F. (2021). Implikasi Integrasi IMTAQ dan IPTEK dalam Perkembangan Pendidikan Islam. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Hasanah, N., & Zuhaida, A. (2018). DESAIN MADRASAH SAINS INTEGRATIF: INTEGRASI SAINS-AGAMA DALAM PELAKSANAAN DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN. 13(1).

Hidayat, F. (2015). Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 299. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.299-318

Ikhwan, A. (2014). Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 179–194. https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194

Ilyasin, M. (2019). Exploring Excellency-Based Curriculum for Indonesian Primary Schools in Relation to the Social Community Environment. Journal of Social Studies Education Research, 10(4), 246–265.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). INTEGRASI NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DI LINGKUNGAN KAMPUS. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.

Kurniawan, D. A., Asrial, A., Aprizal, L., Maison, M., & Zurweni, Z. (2022). The Role of Religion and Culture on Student Attitudes in Science Learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(6), 1983–2000.

Moh Puad, S. (2022). Integrasi ilmu agama dan ilmu umum pada lembaga pendidikan islam (studi kasus di pondok pesantren al-muhajirin purwakarta) (masterThesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71313

Mustafida, F. (2020). Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Retrieved from http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2190

Mustofa, I. (2021). Saeculum-Mundus Politik Indonesia: Satu Kajian Filosofis dalam Perspektif Nurcholish Madjid. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 5(2), 221–242. https://doi.org/10.21009/005.02.05

Naim, N., Aziz, A., & Teguh, T. (2022). Integration of “Madrasah Diniyah” Learning Systems for Strengthening Religious Moderation in Indonesian Universities. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 108–119.

Naimah, C., & Hidayah, U. (2017). REORIENTASI PENDIDIKAN ISLAM UNTUK HARMONISASI SOSIAL; HIDDEN CURRICULUM SEBAGAI SEBUAH TAWARAN. (110).

Nasir, M., Mulyono, Y., & Nastiti, L. R. (2020). Reconstructing Distinction Pattern of Science Education Curriculum in Indonesian Islamic Universities: An Integrated Paradigm for Science and Religion. Journal of Turkish Science Education, 17(1), 11–21.

Nasution, T., Khoiri, N., Firmani, D. W., & Rozi, M. F. (n.d.). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia dan Singapura.

Nikmah, K., Sihotang, A., & Mulyadi, R. (n.d.). Dampak Multikulturalisme Terhadap Pendidikan Islam.

Paiva, J. C., Rosa, M., Moreira, J. R., Morais, C., & Moreira, L. (2022). Science-Religion Dialogue in Education: Religion Teachers’ Perceptions in a Roman-Catholic Context. Research in Science Education, 52(1), 287–304. https://doi.org/10.1007/s11165-020-09941-x

Parhan, M., Syafitri, R., Rahmananda, S. S., & Aurora, M. E. S. (2022). KONSEP INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENDIDIKAN NASIONAL SEBAGAI UPAYA MENGHINDARI DIKOTOMI PENDIDIKAN DI INDONESIA. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.32489/alfikr.v8i1.266

Prayitno, M. A., & Ekawati, R. N. (n.d.). Harmonisasi Keislaman, Keindonesiaan, Sains dan Teknologi Strategi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren.

Qorib, M., Zaini, M., A, A., & G, G. (2019). Integrasi Etika Dan MOral. Kumpulan Buku Dosen, 1(1). Retrieved from http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasiilmiah/article/view/1008

Sabiq, A. (2022). Peran Pesantren Dalam Membangun Moralitas Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(1), 16–30.

Saftri, E., & Sa’dudin, I. (2019). Aplikasi Integrasi Interkoneksi Keilmuan Di Lembaga Pendidikan Tinggi. Tadrib, 5(1), 122–137.

Sarbaini, A., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). INTEGRASI “ILMU DAN AGAMA” SEBAGAI ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 7(01), 85–95.

Sumarni, W., Faizah, Z., Subali, B., Wiyanto, W., & Ellianawati. (2020). The Urgency of Religious and Cultural Science in STEM Education: A Meta Data Analysis. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1045–1054.

Suyadi. (2019). Hybridization of Islamic Education and Neuroscience: Transdisciplinary Studies of ’Aql in the Quran and the Brain in Neuroscience. Dinamika Ilmu, 19(2), 237–249.

Syafi’i, I. (2022). Integrasi Kurikulum Pesantren dan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan). Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 639–649.

Syaifuddin, M. (2022). Harmonizing Religious Science and Technology Through Boarding School System: A Case at a State Islamic Senior High School. Tadibia Islamika, 2(1), 23–33. https://doi.org/10.28918/tadibia.v2i1.5604

Wachidah, K., Sa’ud, U. S., Novita, D., Fediyanto, N., & Susilo, J. (2021). The Harmonization of Spiritual and Intellectual Intelligence in Education for Gifted Children Based on Islamic Theological Perspective: Presented at the 1st Paris Van Java International Seminar on Health, Economics, Social Science and Humanities (PVJ-ISHESSH 2020), Bandung, West Java, Indonesia. Bandung, West Java, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210304.032

Wawan Sopiyan. (2022). Integrasi Sosial Dalam Masyarakat Beragama Sebagai Mediasi Konflik Sosial | El-Ghiroh: Jurnal Studi Keislaman. Retrieved July 2, 2023, from https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/el-ghiroh/article/view/381

Yunus, Y. & Mukhlisin. (2020). SOSIAL-BUDAYA: HARMONISASI AGAMA DAN BUDAYA DALAM PENDIDIKAN TOLERANSI. Kalam: Jurnal Agama dan Sosial Humaniora, 8(2), 1–26. https://doi.org/10.47574/kalam.v8i2.78

Zahara, M. (2022). Harmonisasi Filsafat dan Agama Perspektif Ibnu Rusyd dan Relevansinya Terhadap Integrasi Ilmu (PhD Thesis). UIN Ar-Raniry.

Zubairi Muzakki. (2022). INTEGRASI ILMU EKONOMI ISLAM DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ERA SOCIETY 5.0 | I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies. Retrieved July 2, 2023, from http://jurnal.asy-syukriyyah.ac.id/index.php/I-BEST/article/view/327




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v11i1.24012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: