Analisa terhadap Peran Muhammadiyah, Pioneer Islamic Education In Indonesia

Moh Zaini

Abstract


Pendidikan adalah suatu usaha dasar untuk menjadikan bangsa mampu mengembangkan potensi setiap warga negara dan juga sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Di Muhammadiyah, Pendidikan sangat penting membangun pola pemikiran masyarakat yang islami. Muhammadiyah juga menjadi pelopor pendidikan islam di Indonesia. Hal ini terjadi karena Muhammadiyah juga menjadi organisasi islam pertama di Indonesia, sehingga mampu mengubah pandangan masyarakat terhadap sekolah, -yang awalnya hanya bagi kalangan atas, berubah menjadi pendidikan untuk warga pribumi. Penelitian ini bertujuan menganalisa peran Muhammadiyah sebagai pelopor pendidikan Islam di Masyarakat. metode, Jenis penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah penelitian kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis, bersumber pada referensi buku, jurnal, dokumen, sejarah, dll. Hasil menunjukkan bahwa Muhammadiyah sebagai pelopor pendidikan islam di Indonesia diprakarsai oleh K.H Ahmad Dahlan, berawal dari pemikirannya yang ingin menghubungkan dua hal yaitu agama dan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, Muhammadiyah memberikan warna baru bagi pendidikan islam di Indonesia bahkan membawa pandangan yang cukup modern. Madrasah menjadi awal mula keterlibatan K.H Ahmad Dahlan dalam membentuk sistem pendidikan berbasis islam Indonesia.

Keywords


The Role of Muhammadiyah, Pioneer, Islamic Education

Full Text:

PDF

References


Al Aydrus, N., Lasawali, A. A., & Rahman, A. (2022). Peran Muhammadiyah dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 17(1)

Al Qodiri, A., juga bisa disebut Muhammadiyah, M. S., & Dahlan, M. K. A. Peran Muhammadiyah Dalam Bidang Pendidikan Di Indonesia. Muhammadiyah & ‘Aisyiyah Sebagai Inspirasi Generasi Milenial Dalam Memajukan Indonesia, 21.

Arofah, S. (2016). Gagasan Dasar dan Pemikiran Pendidikan Islam KH Ahmad Dahlan. Tajdida: Jurnal Pemikiran dan Gerakan Muhammadiyah, 13(2).

Damianus Bram, 2022. Peran Muhammadiyah dalam Pendidikan di Indonesia. Radar Solo. Diakses pada tanggal 3 Desember 2024 https://radarsolo.jawapos.com/opini/841680224/peran-muhammadiyah-dalam-pendidikan-di- indonesia

Hermiati Nurmilan, 2021.. Strategi dan Peran Muhammadiyah dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia. Lensakini.com. Diakses pada tanggal 3 Desember 2024. https://lensakini.com/opini/strategi-dan-peran-muhammadiyah-dalam-memajukan-pendidikan- di-indonesia/

Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah sebagai gerakan pendidikan. Tarlim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Husna, A., & Basri, B. (2018). Respon Wali Murid Terhadap Peran Muhammadiyah Dalam Mengembangkan Pendidikan (Studi Kasus SD Muhaammadiahah 3 Kelurahan Tangkerang Barat, Kecamantan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).

Khasanah, L. N., & Zuhdi, N. (2016). Peran Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Masyarakat (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Mukhtarom, A. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam KH. Ahmad Dahlan. Desanta Publisher.

Murniyanto, M., & Wanto, D. (2022). Sejarah Pendidikan Islam Di Era Moderasi Di Muhammadiyah Rejang Lebong. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).

Muthrofin, K., & Muchtar, N. E. P. (2023). Kontribusi siti walidah dalam pengembangan pendidikan islam di indonesia melalui muhammadiyah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2).

Rudianto, J. (2010). Peran Muhammadiyah Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Di Masyarakat (Pendekatan Sosiologis Di Desa Playen Playen Gunungkidul) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Rusydi, R. (2016). Peran Muhammadiyah (Konsep pendidikan, usaha-usaha di bidang pendidikan, dan tokoh). TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Saleh, S. K. (2021). Peningkatan Perilaku Beragama Siswa Melalui Pembelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan. Damhil Education, Journal, 1(2).

Salim, D. P. (2012). The Transnational and the Local in the Politics of Islam.

Subarkah, M. A. (2017). Muhammadiyahdan amal usaha di bidang pendidikan. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 13(2).

Syaifuddin, M. A., Anggraeni, H., Khotimah, P. C., & Mahfud, C. (2019). Sejarah sosial pendidikan Islam modern di Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1)




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v11i1.25552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: