NILAI – NILAI SPIRITUAL DAN SOSIAL MUSLIM – MINORITAS DI MANGGARAI NUSA TENGGGARA TIMUR (Studi Pengembangan Academic Culture pada Siswa MI Al Fitrah Ojang Desa Ojang Kecamatan Reok Barat Kabupaten Manggarai)

Sanistriwana Sanistriwana

Abstract


Madrasah dikenal sebagai sekolah berciri khusus keislaman sebagai jenis pendidikan agama tingkat dasar yang menekankan pada peningkatan kecerdasan anak bangsa dan mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yakni yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian mandiri dan bertanggungjawab pada masyarakat dan bangsa. MI Al Fitrah Ojang di Reok Barat Kabupaten Manggarai dibangun untuk melayani lebih dekat anak-anak Islam usia sekolah yang hidup di tengah masyarakat mayoritas non muslim. Tentu tidak mudah menilai secara langsung interaksi sosial mereka dengan teman sebaya dari kalangan non muslim sehingga madrasah memiliki strategi mengelimir perilaku yang menyimpang (di luar dari yang syariatkan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, strategi, dan implikasi  pengembangan academic culture berbasis spiritual dan sosial pada siswa MI Al Fitrah Ojang, Desa Para Lando Reok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskiptif kualitatif dengan informen sebagai objek penelitian yang terdiri dari kepada sekolah, guru kelas IV dan V, Tokoh Masyarkat Islam dan Kristen, dan Tokoh Agama Islam. Total informan sebanyak 23 orang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pengembangan academic culture berbasis nilai-nilai spiritual dan sosial siswa di MI Al Fitrah Ojang di adopsi dari mata pelajaran Aqidah Akhak, Al Qur’an Hadist, Fiqh, PKn, dan IPS. Konsep Pengembangan academic culture berbasis spiritual meliputi sholat fardu dan sunnat (dhuha), Qira’atul Qur’an, menghafal do’a-do’a pendek, menghormati orang tua, dan menghormati guru. Sedangkan konsep pengembangan academic culture berbasis  nilai-nilai sosial meliputi : sikap jujur. Disiplin, tanggung jawab, teleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri.  Strategi pengembangan academic culture dilakukan metode langsung (direct metode), keteladanan (modeling), fasilitasi (facilitation), dan pembiasaan (habituation). Berdasarkan hasil kajian bahwa pengembangan adademic culture berimplikasi langsung pada siswa MI AL Fitra terutama pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Impilkasi pada masyarakat muslim-minoritas berupa kecenderungan memajukan MI Al Fitrah, taat beribadah di masjid, dan menutup diri dengan pihak non muslim (muslim-minoritas militan); kecenderungan memajukan MI, sewaktu-waktu sholat berjamaah di masjid, dan terbuka dengan non muslim  (muslim-minoritas moderat-toleran); memajukan MI namun jarang ke masjid, dan selalu bergau dengan non muslim (muslim-minoritas singkritas). Sedangakn implikasi bagi masyarakat kristen berupa perasaan senang dan bangga dengan kepribadian anak-anak muslim tersebut.

Kata kunci : Academic culture, Siswa MI Al Fitrah, Muslim-Minoritas, Ojang Desa Para Lando.

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009), 85

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam dalam Prspektif Islam,cet.ke-9 ,(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010),hal.144

Ancok Djamaludin dan Fuad Nashori Suroso, Psikologi islam ( Solusi Islam atasProblem-Problem Psikologi).Yokyakarta: Pustaka Belajar, 1995.

Arends, exploring teaching : an Introduction to Education. New York. 2001.

Bekiryazıcı, M. ‘Teaching Mixed-Level Classes with a Vygotskian Perspective’, Procedia-Sosial and Behavioral Sciences. Elsevier B.V., 186. (2015), pp. 913–917.doi: 10.1016/j.sbspro.2015.04.163

Ball, D. L., Thames, M. H., & Phelps, G. Content knowledge for teaching: what makes it special?Journal of Teacher Education,59, (2008), 389–407. http://dx.doi.org/10.1177/0022487108324554

Budiyono dan Yuni Harmawati, “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Nilai-Nilai Keteladanan Guru Dan Orang Tua Pada Siswa Sekolah Dasar”. Universitas PGRI Madiun

Evi Gusviani, Analisis Kemunculan Nilai-nilai Spiritual Dan Nilai-nilai Sosial Dalam Kegiatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD Yang Menggunakan KTSP Dan Kurikulum 2013. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar | p-ISSN 2085-1243 Vol. 8. No.1 Januari 2016 | Hal 96-100 Universitas Pendidikan Indonesia

Farozin, Muh. Kartika Nur Fathiyah. Pemahaman Tingkah Laku. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2004.

Hagens, H. E. (1996) ‘Books for Professionals Multicultural Education’, 23(3), pp. 164

Hasbullah.. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001, 37

Husniyatus Salamah Zainiyati, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif,(Surabaya : Putra Media Nusantara & IAIN Press Sunan Ampel PMN Anggota IKAPI Jatim, 2010), 163.

Horwart J, Lees J and Sidebotham P, The influence of religion on adolescent family life in england: an explanatory study of the views of young people and parents. Social Compas, Vol. 59. (2012), 2

Ibnu Husein. Pribadi Muslim Ideal. Pustaka Nuun. Semarang. 2004, 98-99

Iis Arifudin, 2017. “Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah P3M STAIN Purwokerto” (| INSANIA|Vol. 12|No. 2|Mei-Ags 2017|. 2017), 220-233

Irwanto. Psikologi Umum. PT. Prenhallindo. Jakarta. 2002, 79

King PE and Furrow JL, Religion as a resource for positive youth development: religion, social capital, and moral outcomes. Developmental Psychlogy, Vol. 40 .(2004), 5

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2007), 23

Lukman Hakim, “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Muttaqin Kota Tasikmalay”. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. Vol. 10 No. 1 – 2012

Marselus R. Payong, Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya, (Jakarta: Indeks, 2011), h. 30

Miftah Thoha. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2004.

Miles, M.B., & Huberman, M. Qualitative data analysis: an expanded source book (2. ed.). London. 1994. 15.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005), h. 161

Nana, Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV).Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya. 2011, 22

Nur Azizah, “Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama”. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi UGM. Vol 33, No 2 2006. (2006), https://doi.org/10.22146/jpsi.7078

Nur Muhadjir, MetodePenelitian Kualitatif. Edisi III Jogyakarta PilarMedia, 1999, 20

Sulahah, Pendidikan Multikultural : Didaktika Nilai-Nilai Universitas Kebangsaaan. Cet. I UIN Maliki Press. 2011.

Sulthon, Membangun Kesadaran Berperilaku Siswa Madrasah Dengan Penguatan Nilai-Nilai Spritualstain . Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 11, No. 2, Agustus 2016 Kudus, Jawa Tengah, Indonesia

Smock, D., & Huda, Q. Islamic Peacemaking Since 9/11. (Online), (edoc.bibliothek.uni-halle), 2009. diakses 16 Maret 2019.

Samsul Ma’arif,. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Menyambut Era Globalisasi. Jurnal Review Pendidikan Islam, Volume 01, Nomor 01, Juni 2014, 2.

Samsul Ma’arif, Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Menyambut Era Globalisasi. Jurnal Review Pendidikan Islam, Volume 01, Nomor 01, Juni 2014. Hal 5.

Wibowo, Agus, Pendidikan Karakter Usia Dini.Yogyakarta: Pustaka Pelajar., 2017, 83.

Sri Wening,.Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012.

Zazkis, R., & Leikin, R. Advanced mathematical knowledge in teaching practice: perceptions of secondary mathematics teachers.MathematicalThinking and Learning,12, (2010), 263–281.

Zakiah Darajad, Ilmu Jiwa Agama,(Jakarta: Bulan Bintang, 1993), hal.64.

http://dx.doi.org/10.1080/10986061003786349




DOI: https://doi.org/10.18860/jie.v11i1.7094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:
Post Graduate Program,
State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang
Soekarno Street 1, Malang-East Java, Indonesia 65321
Phone (+62) 341 531133, Facsimile (+62) 341 531133
e-mail: jie@uin-malang.ac.id

P-ISSN 2086-5902
E-ISSN 2548-2998


Indexed by: