Hubungan Asupan Bahan Makanan Sumber Vitamin D Dan Vitamin C Terhadap Penurunan Glukosa Darah Pada Responden Terindikasi Diabetes Mellitus Tipe II

Rizki Nurmalya Kardina, Farah Nuriannisa, Ary Andini, Anita Anita

Abstract


Latar belakang: Diabetes Mellitus tipe 2 merupakan penyakit yang disebabkan oleh penurunan sekresi insulin dan ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (hiperglikemia). Vitamin D memiliki peranan terhadap sekresi insulin, metabolisme insulin dengan mempercepat perubahan proinsulin menjadi insulin dan meningkatkan sensitifitas insulin. Vitamin C adalah golongan mikronutrien yang memiliki peran penting dalam plasma manusia sebagai antioksidan. Vitamin C mempunyai sifat larut air dan mampu melawan radikal bebas. Fungsi Vitamin C adalah sebagai donor elektron atau agen pereduksi elektron sehingga mampu berperan sebagai antioksidan. Tujuan ingin mengetahui hubungan asupan bahan makanan sumber vitamin D dan vitamin C terhadap penurunan glukosa darah pada responden yang terindikasi Diabetes Mellitus tipe II. Metode penelitian pada penelitian ini adalah eksperimental dengan pendekatan crosssectional dengan menggunakan responden di wilayah kelurahan Kutisai, Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling dengan jumlah 20 responden, yang terbagi menjadi 2 kelompok. Setiap kelompok 10 responden kelompok kontrol dan 10 responden kelompok perlakuan. Pengumpulan sampel dengan dilakukan dengan pengambilan darah hari 1 dan hari 7, wawancara FFQ–SQ. Hasil penelitian menunjukkan kedua kelompok baik kelompok kontrol dan perlakuan sama sama memiliki hasil tidak terdapat hubungan asupan bahan makanan sumber vitamin D dan vitamin C pada responden yang terindikasi diabetes mellitus tipe II . Kesimpulan Tidak ada hubungan antara asupan bahan makanan sumber vitamin D dan vitamin C terhadap penurunan kadar glukosa darah pada responden yang terindikasi Diabetes Mellitus tipe II

Kata kunci : Diabetes Mellitus Glukosa, Vitamin C, Vitamin D


Full Text:

PDF

References


American Diabetes Association, Standart of medical care in diabetes . Diabetes Care. 2013.

W. Widowati, “Potensi Antioksidan Sebagai Antidiabetes,” JMH, vol. 7, no. 2, p. 149640, 2008.

Balitbang Kemenkes RI, “Riset Kesehatan Dasar.” 2013.

Balitbang Kemenkes RI, “Riset Kesehatan Dasar.” 2018.

Ganong, Buku Ajar Fisiologis Kedokteran. EGC, 2003.

Micic, D and Cvijovic, G, Abdominal Obesity and Type 2 Diabetes. 2008.

Parker, J. et.al., “Levels of vitamin D and cardiometabolic disorders: systematic review and meta-analysis,” Maturitas, p. 65(3): p. 225-236, 2010.

Kathore, V.R and Bansode, D.G, “The effect of vitamin C on fasting blood glucose level and lipid profile in type2 diabetes mellitus patients,” . International Journal of Recent Trends in Science and Technology, p. 16(3): 585-590, 2015.

Lubis, J. P, “Perilaku Penderita Diabetes Melitus Rawat Jalan di RSUD Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Dalam Pengaturan Pola Makan,” 2012.

Sunjaya and I Nyoman, “Pola Konsumsi Makanan Tradisional Bali Sebagai Faktor Risiko Diabetes Mellitus Tipe 2 di Tabanan,” Jurnal Skala Husada, vol. 6 No. 1, pp. 75–81, 2009.

Prince S and Wilson LM, Konsep Klinis Proses-Proses Penyakit. 2005.

N. Rochmah, E. Probosari, and F. F. Dieny, “Hubungan Asupan Vitamin D dan Kalsium dengan Kadar Glukosa Darah Puasa Wanita Obesitas Usia 45- 55 Tahun,” PhD Thesis, Diponegoro University, 2017.

Pittas G and Dawson-Hughes B, “Vitamin D and Diabetes,” J Steroid Biochem Mol Biol, pp. 425–429, 2010.

Indry Wulansari, “Hubungan Asupan Vitamin C dengan Kadar Glukosa Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II Di Puskesmas Tawangsari Sukoharjo,” Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

Faculty of Medical and Health Sciences,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Gedung Ibnu Thufail Lt.1, Jln. Locari, Desa Tlekung, Kota Batu
Phone (+62) 85746163772, (+62) 85259506000, Faximile (+62) 341 558933
e-mail: medicaljournal@uin-malang.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.