Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruangan Interna Rumah Sakit Umum Daerah Poso

Fany Lairin Djala

Abstract


Latar belakang : Dalam praktek keperawatan, komunikasi adalah suatu alat yang penting untuk membina hubungan teraupetik dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan keperawatan. Komunikasi terapeutik menjadi sangat penting karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan.Tujuan: untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di ruangan Interna Di Rumah Sakit Umum Daerah Poso. Metode: Menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan Cross Sectional, dengan jumlah sampel sebanyak 49 responden. Data dianalisis dengan uji statistik chi square. Hasil: menunjukkan bahwa dari 26 responden (83,9%) yang mengatakan puas terhadap komunikasi terapeutik perawat. Yang mengatakan kurang puas yaitu sebanyak 8 responden (44,4%). Responden yang menyatakan bahwa perawat yang melaksanakan komunikasi terapeutik dengan baik yaitu sebanyak 31 responden (63,3%). Yang menyatakan komunikasi kurang baik yaitu sebanyak 18 responden (63,3%). Hasil analisis uji statistik dengan ChiSquare menunjukkan nilaiρ= 0,01 (< 0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap di ruangan interna RSUD Poso

Kata kunci : Kepuasan Pasien Komunikasi Terapeutik,


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. (2009). Sistem Kesehatan Nasional. Jakarta : Depkes RI

Departemen Kesehatan RI. (2007). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 375/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Radiografer. Jakarta: Depkes RI.

Damayanti, Mukhripah. (2008). Komunikasi teraupetik dalam praktik keperawatan. PT Refika Aditama, Bandung.

Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta.

Supranto, J. M. A. (2006). Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk meningkatkan pangsa pasar, Rineka Cipta, Jakarta

Simamora, R. (2013). Manajemen keperawatan, EGC, Jakarta.

Purwaningsih, W dan Karlina, I. (2012). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta : Nuha Medika.

Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik, Ed 2, ECG, Jakarta.

Pohan, I, S. (2007). Jaminan mutu layanan kesehatan; dasar dasar pengertian penerapan, EGC, Jakarta.

Fitri Anggraini, (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Tindakan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Klien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Wates Kulon ProgoYogyakarta. ejournal.almaata.ac.id/index.php/JNKI /article/download/230/223.

Hidayat, (2007). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan Edisi 2. Jakarta: Salemba Medika

Anoraga, (2009). Psikologi Dalam Perusahaan. PT. RINEKA CIPTA:Jakarta.

Wahyu, E, (2006). Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapeutik Terhadap Kemampuan Komunikasi Perawat dalam melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Elisabeth Purwekerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, Volume 1 Nomor 2 Nivember 2006.

Lestari, Sunarto, Kuntari. (2009) Analisa Faktor Penentu Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Bantul, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia.Liliweri, A. 2007. Dasar – dasar komunikasi kesehatan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Liliweri, A. (2007). Dasar – dasar komunikasi kesehatan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Kusumo, Mahendro Prasetyo. (2016). pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien rawat jalan dan IGD di RSUD Kota Jogja. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen RumahSakit. http://journal.umy.ac.id/index.php/mrs .

Mapa, A.R. (2009) Hubungan Persepsi Pasien Tentang Komunikasi Perawat Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi di RSUP DR. Soeradji Tirtonegoro Klaten, Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta

Dwidiyanti, M. (2008). Keperawatan dasar: Konsep “caring”. Komunikasi, etik, dan spiritual dalam pelayanan kesehatan. Semarang: Hasani




DOI: https://doi.org/10.18860/jim.v5i1.11818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

Faculty of Medical and Health Sciences,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Gedung Ibnu Thufail Lt.1, Jln. Locari, Desa Tlekung, Kota Batu
Phone (+62) 85746163772, (+62) 85259506000, Faximile (+62) 341 558933
e-mail: medicaljournal@uin-malang.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.