Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (Fe) Di Wilayah Kerja Puskesmas Lawanga Kabupaten Poso

Hastanti Hastanti

Abstract


Latar Belakang: Tablet zat besi (Fe) sebagai suplemen yang diberikan pada ibu hamil menurut aturan harus dikonsumsi setiap hari, namun karena berbagai alasan misalnya pengetahuan, sikap dan tindakan ibu hamil yang kurang baik, efek samping tablet yang ditimbulkan tablet tersebut dapat menyebabkan seseorang untuk kurang mematuhi konsumsi tablet zat besi (Fe) secara benar sehingga tujuan dari pemberian tablet tersebut tidak tercapai.

Tujuan: Mengetahui Hubungan Pengetahuan Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (Ferossus) Di Wilayah Kerja Puskesmas  Lawanga Kabupaten Poso.

Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 46 ibu hamil dengan menggunakan tehknik total Sampling. Data dianalisa dengan menggunakan uji Chi-square.

Hasil penelitian : Menunjukkan bahwa 56,5 % responden memiliki pengetahuan baik, tentang tablet zat bezi (Fe), Sebesar 60,9% responden patuh mengkonsumsi tablet zat besi (Fe). Ada hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (Fe)  nilai p = 0,000 (p<0,05)

Kesimpulan: Ada hubungan antara Pengetahuan dengan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi (Fe) di Puskesmas Lawanga Kabupaten Poso.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2016.

Saifuddin, AB. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Jakarta. 2002

Naibaho. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia Gizi Besi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Parsoburan Kecamatan Habinsaran Kabupaten Toba Samosir. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara. 2015

Sunaryo. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC; 2004.

Dinkes Sulteng (2015). Profil Kesehatan Sulawesi Tengah. http://www.depkes.sulteng.go.id diakses tanggal 10 Juli 2016

Dinkes Kabupaten Poso (2016). Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Pos. 2016.

Sasfriasa, M., Wuryanto, A., Ratnaningsih, E. (2012). Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Sulfas Feerosus (Fe) di Puskesmas Tlogosari Kulon Semarang. Jurnal Kebidanan Panti Wilasa, Vol. 3 No. 1, Oktober 2012 Hal. 1-6.

Erwin, Rena Regina., Machmud, Rizanda., Utama, Bobby Indra. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil dengan Kepatuhan dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang. Padang. 2013.

Subarda. “Pelayanan antenatal care dalam pengelolaan anemia berhubungan dengan kepatuhan ibu hamil minum tablet besi”, Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2011.

Ramawati, Dian. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Besi di Desa Sokaraja Tengah, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas”, Jurnal Keperawatan Soedirman. 2008

Notoatmodjo. Perilaku Kesehatan: Teori dan Ilmu Perilaku. Rineke cipta: Jakarta. 2007




DOI: https://doi.org/10.18860/jim.v1i4.7086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Editorial Office:

Faculty of Medical and Health Sciences,
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Gedung Ibnu Thufail Lt.1, Jln. Locari, Desa Tlekung, Kota Batu
Phone (+62) 85746163772, (+62) 85259506000, Faximile (+62) 341 558933
e-mail: medicaljournal@uin-malang.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.